• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Atmaja Diwarisi Menjaga Tugu Proklamasi

    Sabtu, 12 Juni 2010
     
    BeritaKarawang.com - Tahukah anda, Tugu Proklamasi yang berdiri di Rengasdengklok dijaga secara turun temurun oleh keluarga Dulhamad sejak tahun 1950 silam hingga sekarang. Kini, penjaga Tugu Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini diwariskan kepada cucunya.
     
     
    Bagi Wira Atmaja, cucu Alm. Dulhamid, tidak ada pekerjaan lain selain menjadi penjaga sekaligus pemandu Tugu Proklamasi yang berlokasi di Dusun Bojong, Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok. Kepada BeritaKarawang.com, Sabtu (11/6/2010) siang dia menyatakan, dia mulai ikut merawat Tugu Proklamasi bersama ayahnya Madloji pada tahun 2000 lalu.
     
     
    Sebelumnya, tugu sejarah ini dijaga kakeknya, Dulhamad sejak berdirinya tugu ini tahun 1950 silam, setelah meninggal tahun 1964, penjaga tugu ini diwariskan kepada Madloji, yaotu anak Dulhamid atau bapaknya Atmaja.
     
     
    Sama seperti yang dilakukan ayah dan kakeknya, Atmaja memandu setiap pengunjung lokal maupun dari luar daerah Karawang yang datang melihat tugu ini. Jika dilihat sepintas, Atmaja tak terlihat seperti penjaga Tugu Proklamasi, kebanyakan pengunjung tidak mengetahui yang selama ini menjaga dan merawat tugu sejarah bangsa ini adalah Atmaja.
     
     
    Jika selama ini Tugu Proklamasi yang lebih dikenal adalah Tugu Proklamasi di Jakarta, namun jika melihat fakta sejarah, sebenarnya Tugu Proklamasi di Rengasdengklok ini memiliki nilai sejarah yang lebih.
     
     
    Betapa tidak, sebelum proklamasi dikumandangkan di lapangan Meida Jakarta atau yang sekarang Monas, di Rengasdengklok inilah satu hari sebelumnya, yaitu 16 Agustus 1945 teks proklamasi disusun dan bendera merah putih dikibarkan untuk pertama kalinya di halaman kantor Kecamatan Rengasdengklok. (*)
     
     
     
    Hak cipta naskah BeritaKarawang.com, bagi yang ingin mengcopi, silahkan sms atau ijin via email :-)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +