• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Tarian 1.700 Tahun Akan Sambut Waisak

    Rabu, 26 Mei 2010
     
    BeritaKarawang.com - Peringatan Hari Waisak di Candi Jiwa Kecamatan Batujaya 6 Juni 2010 mendatang akan dibuka dengan Tarian Ajeng. Tarian ini diperkirakan telah ada sejak 1.700 tahun lalu. Hingga kini, beberapa penari sedang dilatih langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Karawang.
    Demikian dikatakan Kepala Desa Segaran, Kecamatan Batujaya H. Rusli HN, Rabu (26/5/2010) di kediamannya ketika ditanya persiapan Hari Waisak yang akan dilaksanakan di desanya. Kata dia, tarian ini untuk menyambut kedatangan para tamu undangan umat Buddha di pelataran candi tersebut.
     
    "Kita juga belum tahu bentuk tarian ini seperti apa, kita juga penasaran ingin melihatnya, karena menurut informasi tarian ini ada sejak 1.700 tahun lalu," jelasnya. Selain tarian, acara sakral Buddhis ini pun akan dimeriahkan barongsai.
     
    Sementara itu, kades menjelaskan, untuk mengatasi lonjakan pengunjung yang diperkirakan mencapai 8 ribu Buddhis termasuk masyarakat Karawang yang ingin melihat acara ini, pemerintah Desa Segaran telah mempersiapkan tiga lokasi lahan parkir dan jalan setapak alternatif menuju Candi Jiwa, berikut fasilitas untuk para pengunjung yang akan memadati lokasi sakral ini.
     
    Kata kades, perbedaan agama antara masyarakat Batujaya dan Buddhis yang melakukan Waisak di Batujaya tidak membuat kesenjangan sosial. Untuk itu, kades berharap dukungan penuh dari semua masyarakat di sekitar lokasi situs Candi Jiwa untuk mensukseskan acara ini. Acara ini sekaligus pembukaan hari Kunjungan Wisata Karawang Tahun 2010 oleh Bupati Karawang Dadang S. Muchtar. (*)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +