• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Total Kerugian Banjir Karawang Rp 420 Miliar

    Rabu, 21 April 2010
     
    BeritaKarawang.com - Total kerugian banjir akibat luapan Sungai Citarum di 10 kecamatan sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada pertengahan hingga akhir Maret 2010 mencapai Rp 420 miliar.
     
    Kasubag Program Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang Bambang Susetyo mengatakan di Karawang, Rabu (21/4/2010), jumlah tersebut merupakan total kerugian dari laporan dua organisasi perangkat daerah Pemkab Karawang, Dinas Cipta Karya serta Dinas Bina Marga dan Pengairan setempat.
     
    Dari laporan tersebut, kerugian yang dilaporkan Dinas Bina Marga dan Pengairan mencapai Rp 112 miliar, terdiri dari kerugian bidang Bina Marga sekitar Rp 70 miliar dan bidang Pengairan sekitar Rp 41 miliar.
     
    "Untuk kerugian dari bidang Bina Marga meliputi kerusakan jalan raya dan jembatan serta kerugian dari bidang Pengairan pada Dinas Bina Marga dan Pengairan meliputi kerusakan tanggul sungai dan kerusakan drainase," kata Bambang.
     
    Sedangkan kerugian akibat banjir dari Dinas Cipta Karya mencapai Rp 308 miliar, terdiri dari kerusakan jalan lingkungan sepanjang 108.200 meter, kerusakan drainase di area pemukiman penduduk sepanjang 196.600 meter, kerusakan rumah penduduk yang mencapai 32 rumah, dan kerusakan sekolah.
     
    Dari data laporan Dinas Cipta Karya itu, kerugian akibat kerusakan 26 SD dan dua sekolah tingkat SMK mencapai Rp 400 juta, kerugian akibat kerusakan 32 rumah penduduk Rp 202 miliar, kerugian dari kerusakan drainase di area pemukiman penduduk Rp 49 miliar, dan kerugian akibat kerusakan jalan lingkungan Rp 54 miliar.
     
    "Jumlah total kerugian akibat banjir yang terjadi di Karawang itu sudah dilaporkan pada pekan lalu ke instansi terkait, baik pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Karena itu, saat ini Pemkab Karawang tengah menunggu respon dari instansi terkait itu," katanya.
     
    Nilai kerugian akibat banjir Karawang yang dilaporkan ke instansi terkait itu hanya mencapai Rp 420 miliar, dari laporan dua organisasi perangkat Daerah, Dinas Bina Marga dan Pengairan serta Dinas Cipta Karya. Sedangkan kerugian dari instansi atau organisasi perangkat daerah lain tidak dilaporkan.
     
    Sebelumnya, Bappeda Karawang sempat menyebutkan kerugian akibat banjir dari Dinas Pertanian Rp 2,591 miliar, dan laporan kerugian dari Rumah Sakit Islam Karawang sebesar Rp 110 juta.
     
    Selama lebih dari sepekan pada pertengahan hingga akhir Maret lalu, banjir telah merendam 32 rumah penduduk di 10 kecamatan sekitar Karawang.
     
    Kesepuluh kecamatan yang dilanda banjir luapan Sungai Citarum tersebut ialah Kecamatan Jayakerta, Klari, Rengasdengklok, Pakisjaya, Batujaya, Ciampel, Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Karawang Timur, dan Kecamatan Karawang Barat. (sumber: Antara.co.id)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +