• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Tiap Desa Rp 1 Miliar Dari APBD

    Rabu, 10 Maret 2010
    BeritaKarawang.com - Untuk mempercepat pembangunan, maka di Kabupaten Karawang ini diperlukan anggaran Rp 1 Miliar tiap desa. Ini yang menjadi semangat anggota DPRD Karawang supaya anggaran itu bisa tembus di APBD tahun 2011. Hal ini perlu, mengingat pembangunan harus bisa cepat dan merata hingga ke pedesaan.


    Demikian ditegaskan Ketua Komisi C DPRD Karawang, H. Tono Bahtiar, Rabu (10/3/2010) siang didampingi anggota Komisi C lainnya seperti Roycke, Dedi Sudrajat dan Ayatullah pada reses dewan di Desa Sungai Buntu, Kecamatan Pedes. "
    Ini bukan wacana, inisiatif ini sudah mendapat respon positif dari pemerintah desa, karena mereka yang berhubungan langsung dengan program pemerintah pusat di daerahnya," ucap Tono.


    Lebih lanjut Tono menegaskan, kemajuan kabupaten ini tidak lepas dari bagaimana desa bisa diberdayakan. Dengan asumsi anggaran APBD tahun 2011 yang tembus pada angka Rp 1,5 Triliun, maka peluang untuk memberikan kucuran dana pada tiap desa Rp 1 Miliar sangat besar.


    Secara sistematika, rincian Rp 1,5 Triliun itu diantaranya Rp 700 Miliar untuk membayar gaji pegawai. Juga Rp 300 Miliar untuk pembangunan pemerataan di tingkat desa, yaitu Rp 1 Miliar tiap desa di 30 kecamatan se-Kabupaten Karawang. Sedangkan sisanya Rp 500 Miliar untuk OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya.


    Berarti, kata Tono, APBD Karawang tahun 2011 tetap sehat dan seimbang pada semua sektor. Asumsi Rp 1 Miliar ini akan dikemas dengan baik melalui kebijakan-kebijakan prioritas pembangunan tingkat desa. Kegiatan yang selama ini dikerjakan oleh OPD di tingkat kabupaten perlahan diberikan kepada desa melalui program pemerintah.


    Prioritas pembangunan itu diantaranya peningkatan jalan lingkungan, peningkatan jalan poros desa, sarana keagamaan, UKM (Usaha Kecil dan Menengah), rehab ringan sarana pendidikan, honor perangkat desa, BPD desa, LPM desa, guru ngaji, Majelis Ulama Indonesia, perbaikan saluran air tersier untuk sarana pertanian, pengerukan saluran pembuang, karang taruna, PKK, juga termasuk budaya dan sebagainya.


    Semua program itu, lanjutnya, akan diakomodir oleh danaIni akan diakomodir oleh dana Rp 1 Miliar itu. Juga, dengan dana sebesar itu, kegiatan desa akan dikerjakan oleh peran serta masyarakat dan tidak harus dilimpahkan pada tender. Dan Pemda Karawang hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat besar, seperti peningkatan jalan antar desa dan kecamatan, pembangunan gedug pemerintahan dan lainnya.


    "Dengan Rp
    1 Miliar tiap desa diharapkan kedepan desa akan lebih cepat membangun dan pembangunan akan lebih merata di kabupaten ini," jelasnya. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +