• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pansus DPRD Harus Bisa Kaju Mendalam dan Menyeluruh

    Jumat, 13 November 2009


    BeritaKarawang.com - Rabu (4/9/2009) Wakil Bupati Karawang, Hj. Eli Amalia Priatna menegaskan bahwa hasil kajian panitia khusus DPRD merupakan masukan penting yang akan menjadi bahan pertimbangan DPRD dalam proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, Hasil kajian yang akan disampaikan kepada DPRD hendaknya benar-benar merepresentasikan keadaan yang sesungguhnya terkait permasalahan yang sedang dikaji.  Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati saat mewakili Bupati Dadang S Muchtar pada Rapat Paripurna Pembentukan Pansus DPRD Kabupaten Karawang.


    Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, Panitia khusus merupakan salah satu alat kelengkapan yang bersifat sementara yang melaksanakan tugas sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan, dan dibubarkan setelah selesai melaksanakan tugas. Panitia khusus dimaksud dibentuk untuk melaksanakan fungsi legislasi dan atau fungsi pengawasan, termasuk diantaranya adalah dalam menangani masalah yang bersifat mendesak atau memerlukan penanganan segera.


    Menurut Wakil Bupati, panitia khusus DPRD memiliki peran yang sangat penting bagi pelaksanaan tugas para anggota DPRD secara efektif dan efisien, khususnya dalam melakukan kajian terhadap suatu permasalahan yang menjadi alasan dibentuknya panitia khusus tersebut. Hasil-hasil kajian tersebut tentunya akan menjadi bahan pertimbangan dan masukan terhadap tindak lanjut dan langkah yang akan diambil oleh DPRD dalam menyikapi permasalahan tersebut. "Hal ini menunjukkan bahwa peran panitia khusus sangat penting dalam mekanisme pengambilan keputusan yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten Karawang," jelasnya.


    Wakil Bupati melanjutkan, suatu masukan atau input memiliki peran yang sangat penting dalam suatu sistem pengambilan keputusan. Masukan yang baik, benar, dan dapat dipertanggung jawabkan sangat berperan dalam proses pengambilan keputusan, sehingga para pengambil keputusan dapat menentukan keputusan yang tepat. Sedangkan bila masukan yang didapat tidak benar dan tidak dapat dipertanggung jawabkan, maka keputusan yang akan diambil pun tidak akan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. "Hal ini karena inti permasalahan yang sesungguhnya tidak jelas dan tidak diketahui dengan pasti akibat masukan yang salah tersebut," ujarnya.


    Oleh karena itu, lanjut Wakil Bupati, panitia khusus dalam menjalankan tugas hendaknya benar-benar melakukan kajian secara menyeluruh dan mendalam terhadap permasalahan tersebut. "Bahan - bahan kajian hendaknya diperoleh dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, serta membandingkannya dengan permasalahan-permasalahan serupa yang terdapat di daerah lain," pesannya.


    Wakil Bupati menambahkan pihak eksekutif yakin bahwa panitia khusus DPRD yang dibentuk pada hari ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik serta memberikan hasil kajian yang mendalam. Dengan demikian DPRD kabupaten karawang dapat menentukan tindak lanjut dan langkah yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. "Sehingga pada akhirnya dapat bermuara pada terwujudnya keinginan kita bersama untuk mensejahterakan masyarakat kabupaten karawang," tutupnya. (*)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +