• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Situ Jungkur Potensi Wisata Daerah

    Rabu, 14 Oktober 2009

    H. Warman (kanan) dan Beri warga setempat di Situ Jungkur.
     
     
    KARAWANG, RAKA - Situ Jungkur di Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru sangat berpotensi sebagai lokasi wisata Karawang jika ditata dan dikembangkan dengan baik. Potensi itu harus dioptimalkan oleh Dinas Parawisata Karawang.
     
     
    Demikian kata Ketua Fraksi Golkar Amanat Reformasi DPRD Kabupaten Karawang, H. Warman kepada RAKA, Selasa (13/10) siang. Hal itu diungkapkannya sebagai temuan hasil reses selama 6 hari pekan lalu dengan masyarakat setempat. Hasil reses yang akan diparipurnakan 16 Oktober 2009 nanti diantaranya akan diajukan penataan Situ Jungkur dan akses jalan di sekitarnya yang mampu dibiayai APBD II Karawang.
     
    "Ini merupakan temuan bagi dewan untuk bisa diangkat kepermukaan sebagai wisata Karawang, situ itu bisa ditata dan kembangkan untuk diandalkan, karena lokasinya berada di pegunungan. Jalau ditata betul, Situ Jungkur itu bisa jadi obyek wisata di Kabupaten Karawang," jelasnya.
     
    Dia menceritakan, situ itu digunakan sebagai pengairan sawah untuk tiga dusun, yaitu Dusun Jungkur, Dusun Kopi dan Dusun Cinaga sekitar 100 hektar sawah. Situ ini bisa surut jika musim kemarau dan jika hujan genangan airnya bisa diatur melalui pintu air. Dan masyarakat sekitar menggunakan air situ ini untuk MCK (Mandi Cuci dan Kakus) dan keperluan rumah tangga mereka.
     
    Seperti dijelaskan Beri (40) warga setempat yang mendapingi H. Warman selama reses di desa tersebut, Situ Jungkur mulai dibangun tahun 1984 dan lokasi itu sudah jadi lokasi yang selalu dikunjungi, khususnya oleh remaja saat liburan. Namun, sarana lokasi ini masih dianggap kurang sarana jalan, penataan lingkungan termasuk sarana hiburan semisal perahu,
     
    Diketahui, Dusun Jungkur merupakan daerah penghubung Karawang-Purwakarta, lokasi situ itu sangat strategis, tapi jalan penghubung itu masih tidak layak, masih berbatuan meski ada beberapa meter jalan sudah dicor oleh bupati. Situ Jungkur termasuk daerahnya perbukitan. Tidak jauh dari situ itu terdapat Curug Cigentis, Curug Santri, Situ Cibayat dan Curug Cipanunda yang lebih indah dibanding Curug Cigentis, kelima lokasi itu perlu dikembangkan sebagai andalan wisata Karawang. "Terlebih kelima lokasi itu berada di antara Karawang-Purwakarta yang tembus langsung ke bendungan Jatiluhur," kata Warman.
     
    Lokasi Situ Jungkur berada di Selatan Karawang hampir berbatasan dengan Purwakarta, sekitar 8 km dari Pasar Loji, Kecamatan Tegalwaru. Situ Jungkur yang memiliki genangan air 12 Ha ini dibendung tahun 1984 oleh masyarakat setempat dan direhab secara permanen tahun 2008. Situ yang terletak di RT 12/03, Dusun Jungkur, Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru.
     
    Diakui Warman, banyak temuan dari reses di kecamatan tersebut, utamanya yang menyangkut aspirasi kepentingan masyarakat, diantaranya sarana jalan, ekonomi kerakyatan dan pendidikan. Meski demikian, Warman tetap akan memilah pembangunan sesuai skala prioritas dan kemampuan anggaran Pemda Karawang. Tidak semua aspirasi bisa direalisasikan sekaligus tahun ini, tapi secara bertahap. Hal penting lainnya membangun bendungan waru di Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan untuk mengairi 7 desa di sekitarnya, 2 desa di Tegalwaru dan 5 desa di Kecamatan Pangkalan. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +