• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Program Haji Gratis Langkah Baik Bagi Warga

    Rabu, 03 Juni 2009



    KUTAWALUYA, RAKA - Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang, H Iyung Hasanudin, SE. prihatin dengan rumor yang beredar di beberapa media cetak tentang keberadaan program 'Pemberangkatan Haji Melalui Dana Infaq Shodaqoh' di permasalahkan.


    Menurutnya, program ini langkah baik untuk membantu masyarakat miskin bisa pergi ke tanah suci. Dia meminta kepada semua masyarakat yang belum memahami program ini untuk meminta langsung keterangan dari pihak IPHI terlebih dulu sebelum mengeluarkan pernyataan yang isinya memojokan program ini ke masalah negatif.


    Dalam penjelasan, dikatakan bahwa pada tanggal 23 April 2009 bertempat di aula kantor Camat Kutawaluya telah disepakati oleh seluruh stek holder mengenai orogram pemberangkatan Haji melalui dana Infaq Shodaqoh sebesar Rp 1000/bulan atau Rp 12 ribu/tahun perorang, semua ini atas dasar gagasan Camat Kutawaluya Drs Heri Paryono. Dari dukungan dan respon masyarakat atas program tersebut maka munculah MoU antara lembaga IPHI Kecamatan, Muspika dan pihak bank dengan ketentuan apabila dana Infaq Shodaqoh terkumpul dari masyarakat maka akan di simpan di Bank BRI Unit Kutagandok, Kecamatan Kutawaluya.


    Nantinya dana tersebut digunakan khusus untuk ongkos biaya haji (ONH) dan Konvensasi sebesar Rp 2 juta bagi keluarga yang ditinggalkannya ke tanah suci selama menunaikan ibadah haji. Mekanisme seleksi penetuan yang diberangkatkan haji melalui penyelenggaraan tablig akbar atau  pengajian umum dengan proses penarikan kartu infak shodakoh oleh notaris yang disaksikan Dinas Sosial, Muspiak Kecamatan Kutawaluya dan lembaga atau dinas instansi terkait. Hal-hal yang belum tercantum dalam komitmen ini terulang dalam keputusan IPHI Kecamatan Kutawaluya mengenai tata tertib hak dam kewajiban para peserta infak.


    Program pemberangkatan haji meggunakan dana tersebut menjadi kegiatan rutin setiap tahun dan dilaksanakan oleh IPHI Kecamatan kutawaluya ini bukan khusus untuk masyarakat Kutawaluya, tapi berlaku umum untuk seluruh umat Islam di semua kecamatan di Kabupaten Karawang. Dana yang berada di bank tersebut hanya dapat digunakan untuk  pemberangkatan nik Haji (ONH) dan pemberian dana konvensasi atau bantuan bagi keluarga yang mendapat kesempatan berangkat haji. Untuk menentukan siapa yang akan diberangkatkan haji dalam program ini mekenismenya dilakukan secara terbuka melalui kegiatan Tablik Akbar.


    Sementara itu, Sekertaris IPHI H. Abdul Rojak BA menambahkan, pihaknya tidak menggunakan dana tersebut sekecil apapun, jadi biaya administrasi dan ATK ditanggung  pengurus dan anggota menggunakan dana pribadi, dana yang terkumpul sampai Senin (1/6) kemarin sebesar  Rp 46.066.000 dengan nomor rekening bank BRI Unit Kecamatan Kutawaluya 33-21-6598. (sigit)

     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +