• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Petani Kutawaluya Antisipasi Hama Padi

    Selasa, 09 Juni 2009
    KUTAWALUYA, RAKA - Memastikan ketersediaan air pada awal musim tanam bulan ini, sejumlah petani di Kecamatan Kutawaluya mulai merapikan saluran air. Petani mengaku optimis hasil produksi panen mendatang bisa naik bila suplai air tidak ada kendala.
    Seperti yang dilakukan Yana (40), seorang petani Desa Kutakarya, dia memastikan tidak ada kendala untuk suplai air sawahnya. Beberapa har ini, dia sudah merapikan saluran 'cacing' di sekitar areal sawah bersama petani lainnya. Selain membersihkan saluran air, para petani lain pun ikut memperbaiki sejumlah tanggul yang rusak akibat pasca panen sekarang.
    "Ini biasa kita lakukan usai panen, selain merapikan kita pun memperbaiki sejumlah penyangga saluran cacing yang sudah rusak, supaya pertumbuhan padi tidak terganggu," kata Yana kepada RAKA, Senin (8/6) pagi.
     
    Di tempat terpisat, petani Desa Sampalan, Hasan (38) megatakan, para petani diwilayahnya sama-sama sudah melakukan perbaikan saluran air pada awal musim tanam ini. Bahkan, untuk mengantisipasi hama, petani berencana akan melakukan pembasmian dengan cara tradisional yaitu bergotong royong menyisir area sawah dari tikus.
    "Seperti biasa kami akan melakukan tahapan antisipasi hama, kami biasa melakukan 'kalagumarang' (memberantas hama tikus, red) yaitu pembasmian hama secara bersama-sama dengan menyisir lokasi pesawahan," ujarnya.
    Seorang PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Amang (45) menjelaskan, produksi padi bisa naik jika sejumlah faktor memadai pertumbuhannya, misalnya ketersediaan air, cara menggunakan pupuk yang baik, cara tanam, penggunaan bibit maupun cara penyempotan. "Jika diantara faktor itu tidak dilakukan dengan baik, maka bisa berimbas pada yang lainnya. Diharapkan awal musim tanam sekarang petani lebih kreatif dalam menanam," jelasnya.
    Sementara, Kades Sampalan, Jamaludin menyatakan terkait langkah peningkatan produksi padi, pihaknya sudah melakukan program yang sama yaitu melakukan 'kalagumarang' yang dibantu para kadus dan petani dengan memakai hewan anjing, supaya hama tikus musnah. Hal serupa dilakukan petani di Desa Kutakarya, pemerintah desa sudah melakukan program antisipasi hama dengan 'kalagumarang' dan langkah-langkah itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pertanian pada panen mendatang. (sigit)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +