• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Budidaya Jamur Merang Menjanjikan

    Selasa, 16 Juni 2009
    KARAWANG BARAT, RAKA - Jamur merang kualitas bagus dapat dijual dengan harga cukup tinggi berkisar Rp 11 ribu hingga Rp 12 ribu/kg. Dari setiap kandang berukuran 4 x 8 meter yang berisi sekitar sepuluh rak bedengan dapat dipanen sekitar 25 sampai 40 kg jamur. Masa tanam hingga penen jamur bisa berlangsung antara 15 hingga 17 hari.
     
    Demikian dikatakan seorang petani budidaya jamur di Kampung Wonosepi, Kelurahan Tunggak Jati, Kecamatan Karawang Barat, Sueb (57), ia menggunakan jerami padi untuk dijadikan media tanaman jamur. Cara yang dianggapnya sangat sederhana ini mampu meningkatkan taraf ekonomi keluarganya. Dia menjelaskan cara pembuatannya, yaitu jerami dibasahi air, kemudian ditimbun bersama kapur lalu ditutup plastik polibag selama 5 hari.
    Dengan gamblang, petani jamur ini mengatakan, pada hari kelima, timbunan itu dibuka, kemudian dibalik dan ditambah bekatul. Setelah itu diletakkan di rak yang sudah disusun atau disebut bedengan. Bedengan itu kemudian ditutup polibag selama 4 hari untuk menjalai proses fermentasi. Kemudian, bahan ditambah lagi dengan limbah kapas dan biji-bijian seperti kacang hijau, beras, jagung, kedelai atau biji kapuk. Setelah siap, bakal jamur itu diletakkan di rak-rak bedengan di dalam kumbung, agar terhindar dari serangan bakteri, ngengat ataupun jamur lain, karena kumbung dan bakal jamur ini harus disterilkan.
    Cara sterilisasi pun sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan proses pasteurisasi atau pemanasan kubung, yakni pemanasan kompos dan ruangan rumah jamur dengan uap panas hingga temperatur 70 derajat celcius selama 5-7 jam.
    Pemanasan kumbung ini dilakukan dengan menggunakan drum-drum bekas yang diisi air, serta dipanaskan menggunakan kayu bakar. Uap yang dihasilkan disalurkan atau dihubungkan dengan ruangan dalam kumbung.
     
    Setelah pasteurisasi, biarkan udara segar masuk untuk menurunkan suhu. Saat inilah bibit boleh mulai ditanam. Bibit ditebarkan di seluruh permukaan jerami yang telah dikomposkan. Bibit jamur merang biasanya diperoleh dari penjual bibit.
    Setelah itu, jendela dan pintu kumbung ditutup selama tiga hari dengan suhu yang agak panas. Bibit jamur memerlukan suhu yang agak panas untuk menumbuhkan miselium (benang- benang jamur), sirkulasi udara pun harus dijaga. Selain itu, perhatikan pula media tumbuh, jangan sampai jerami kering. Bila perlu, semprotkan air yang telah dicampur sedikit urea.
     
    Jika sudah sampai dihari ke 8-12 atau setelah peletakan bibit, jamur merang sudah siap dipanen. Jamur merang biasanya diminati saat kuncupnya belum mekar, masih berbentuk bulat dengan warna putih kecoklatan. Meski telah mekar pun tetap masih bisa untuk dimakan, namun jika jamur yang telah mekar dijual harganya biasanya akan turun. "Ya, saat ini harga jual jamur merang sangat tinggi," kata Sueb. (sigit)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru