• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Usaha Hewan Tokek Bakal Seumur Jagung

    Senin, 25 Mei 2009


    RENGASDENGKLOK,RAKA - Hewan yang dianggap jijik sebagian warga, ternyata jadi usaha penyambung hidup, seperti yang dilakukan Darja (40) warga Desa Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya. Dia adalah pencari hewan tokek untuk dijual. Hewan tokek ini diketahui memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

    Kata Darja, hewan tokek yang laku dijual cuma tokek yang memiliki berat lebih dari 3 ons dan memiliki suara yang nyaring. Pencari hewan ini dari luar daerah seperti Jakarta dan Bogor. Kemudian tokek itu dijual kepada calo atau penadah. Diakui Darja, hewan tokek ini diolah menjadi obat berbagai penyakit.

    Dalam sebulan terakhir, di Rengasdengklok telah banyak para pemburu hewan tokek yang berkeliaran, padahal sebelumnya hewan melata ini tidak pernah ada yang mencari. Seorang warga setempat, Sudarmono (55) menuturkan, selain sebagai penyembuh sakit asma dan kulit, tokek juga banyak diburu karena faktor hobi. "Saya dengar, tokek banyak dipesan oleh orang jakarta dan bekasi," ucapnya.

    Kendati begitu, Sudarmono yakin jika bisnis tokek ini tidak akan bertahan lama, melainkan hanya sesaat saja, karena pasarannya yang belum jelas dan jumlah tokek yang dicari tidak menentu, kecuali jika ada peternakannya. Ia melihat, bisnis tokek ini hanya bertahan setahun saja, tidak akan lebih. "Tak akan bertahan, pasaran tokek ini belum jelas arahnya," tukasnya. (sigit)


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +