• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Petani Dirawat di RSUD, Gara-Gara Gagal Panen

    Kamis, 28 Mei 2009
    KUTAWALUYA, RAKA - Seorang petani di Dusun Kamurangjati, RT 02/01, Desa Sindangmukti, Kecamatan Kutawaluya, Suwita (55) terpaksa harus dirawat di RSUD Karawang. Pasalnya dia shock, karena sawah yang dia garap seluas 8 hektar hanya menghasilkan 2 ton 7 kwintal. Sedangkan biaya yang telah dikeluarkannya tiap hektar sekitar Rp 4 juta.
     
    Dia sakit mendadak setelah melihat panennya anjlok tahun ini. Dan Suwita sempat dirawat lima hari di RSUD. Selain sawah Suwita, ratusan hektar sawah di desa ini bernasib sama, seperti yang dialami petani lainnya, Amung (50), dia hanya mampu memproduksi 1 ton 2 kwintal dari 4 hektar sawahnya. Padahal pada panen sebelumnya sawah-sawah di desa ini mampu memproduksi sekitar 5-6 ton/hektar. Melihat hal itu, semua petani setempat merasa kerugian. "Istri saya pun 'shock' melihat gagal panen, dia sempat nangis di tengah sawah, karena memang jadi menanggung hutang biaya pengolahan sawah," ujarnya.
     
    Menanggapi hal ini, Kepala Desa Sindangmukti, M. Artalim menjelaskan, panen tahun ini dianggap puso, ini akibat hama tikus yang selalu menyerang persawahan dan segala upaya tidak membuahkan hasil. Sebelumnya, pihak desa sudah melakukan 'kalagumarang' atau membasmi tikus antara aparat desa, masyarakat dan para petani. Namun, hama itu tetap tidak bisa diberantas, meski dengan berbagai cara.
     
    Gagal panen ini tidak hanya terjadi di Desa Sindangmukti, seperti di Desa Mulyajaya di kecamatan yang sama, ratusan hektar sawah habis diserang hama tikus. Sementara PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) setempat, tidak berbuat banyak untuk mengantisipasi kerugian tersebut. Bahkan PPL dianggap petani tidak mampu menangani hama tikus yang telah merugikan petani setempat. (spn)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +