• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jalan dan Saluran Air di Cibuaya Rusak

    Rabu, 27 Mei 2009


    CIBUAYA, RAKA - Sudah diprogramkan, perbaikan saluran air di beberapa desa Kecamatan Cibuaya akan diperbaiki tahun ini untuk mengantisipasi banjir tahunan, termasuk perbaikan jalan-jalan desa yang rusak. Kata Camat Cibuaya, Suhana BA, kepada RAKA, Selasa (26/5) siang di tempat kerjanya.

    Diakuinya, hasil Musrenbang (Musyawarah rencanan pembangunan) kecamatan, pengerukan saluran air akan diselesaikan tahun ini, yaitu saluran air antara Desa Kedungjeruk, Kalidung, Kedungjaya dan Sedari. Selain itu, saluran antara Gebangjaya dan Cemara pun sudah diplot pengerukan.

    Diketahui, hampir setiap tahun beberapa desa di kecamatan ini selalu rutin kebanjiran. Seperti diungkapkan Kepala Desa Gebangjaya, Endi, di desanya tercatat 80-an rumah yang terendam banjir. Hingga kemarin, diakuinya belum ada kejelasan jadwal pengerukan saluran di desanya, apakah akan dikerjakan Bina Marga atau Cipta Karya. "Banjir selalu terjadi sekitar Desember-Januari, jika curah hujan besar. Dan pengerukan harusnya rampung sebelum musim hujan tiba," katanya.

    Selain itu, hampir semua ruas jalan yang telah dihotmix kini rusak lagi akibat tanah jalan yang labil, ditambah beban berat truk-truk padi yang membuat jalan menjadi amblas. Beberapa jalan sudah mulai diperbaiki sejak awal Mei 2009, yaitu dengan pengarugan batuan. Di Desa Suksasari, sedang dilaksanakan perbaikan jalan beton sepanjang 360 meter, termasuk beton pinggiran saluran air agar jalan tidak amblas.

    Untuk jalan Gebangjaya sepanjang 600 meter pun sedang dikeraskan batuan, rencanaya tahun 2010 mendatang jalan tersebut akan dibeton. Sedangkan jalan dibeberapa desa lainnya masih terlihat rusak, seperti jalan dari arah Pasar Cibuaya menuju kantor kecamatan, kini sudah kembali jadi tanah, padahal jalan itu baru diperbaiki awal tahun 2008 lalu. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +