• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Hanya PSN yang Bisa Cegah DBD

    Jumat, 24 April 2009
    "Kita telah berupaya menangani DBD (Demam Berdarah Dengue) dengan cara fogging di sekitar Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok dan memang kenyataannya DBD di desa ini terus bertambah. Nah, ini berarti masyarakatnya yang harus berperan aktif untuk memberantas wabah itu dengan cara PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk)," kata Survelance DBD Puskesmas Rengasdengklok, Iwan S. Hidayat, kepada RAKA, Kamis (23/4) pagi saat mengantar pasien DBD di RSUD Karawang.
     
    Minggu lalu, kata Iwan, Puskesmas Rengasdengklok telah melakukan fogging di Dusun Rengasjaya sekaligus pemberian obat abate kepada masyarakat setempat. Diakuinya, pencegahan DBD oleh puskesmas telah dilaksanakan, kini tinggal masyarakat setempat yang berusaha agar wabah itu tidak menjalar dan kembali menjangkit warga lainnya. "Yang harus dilakukan masyarakat adalah PSN, karena bagaimanapun upaya fogging jika masyarakatnya tidak melakukan PSN, maka wabah itu sulit dihilangkan," ujarnya.
     
    Diketahui, DBD menyerang beberapa warga Desa Rengasdengklok Selatan secara beruntun, selama dua minggu ini tercatat 6 orang terserang DBD di dua dusun, yaitu Dusun Warudoyong dan Dusun Rengasjaya. Dan jika mau, akunya, fogging pun bisa dilakukan dari dana donatur, yaitu warga yang dianggap mampu membiayai fogging, selebihnya ditambah dari desa dan warga. Biaya fogging cuma Rp 1 juta. "Untuk mencegah DBD, yang harus dilakukan masyarakat adalah PSN, dibantu dengan fogging," tukasnya. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +