Desa Vokasi Mulai Dicanangkan di Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - Program Desa Vokasi mulai dicanangkan di Kabupaten Karawang, pencanangan dilaksanakan di Sekolah Alam Al Firdaus, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Selasa (5/6/2018) sore. 

Yayasan Assolahiyah Karawang yang menaungi Sekolah Alam Al Firdaus menjadi lembaga awal melaksanakan Program Gerakan Pemberdayaan Pendidikan Perempuan Mandiri (GP3M), dari program itu terbagi menjadi Program Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan (PKH-P) dan Program Desa Vokasi.

"Program ini keberlanjutan dari pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga bisa memanfaatkan potensi desa masing-masing," kata Ketua Yayasan Assolahiyah Karawang, Heru Saleh.

Kata dia, ini peluncuran dari beberapa program di Karawang, kemudian proses pelaksanaan kegiatannya akan dilakukan usai Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah mendatang. Diakui Heru, Program Pemberdayaan Desa Vokasi ini diharap muncul kelompok yang bisa mensejahterakan keluarganya.

"Saya berharap ini bisa diterapkan di Desa Muktijaya, juga bisa diaplikasikan di desa lainnya," ujarnya.

Di Muktijaya, kata Heru, ada 100 warga yang akan memperoleh pembinaan pendidikan, kemudian setelah diberikan pengetahuan diharapkan bisa menciptakan produk dan mampu memproduksi potensi lokal.

"Selanjutnya kita fasilitasi legalitas halal dan pemasaran," ucap Heru.

Program Desa Vokasi ke Sekolah Alam Al Firdaus ini murni dari kementerian pendidikan, nanti lembaga pendidikan ini akan mengkolaborasikan kerjasama dengan dengan PT. Pertamina, termasuk BUMDES Muktijaya. Diharapkan, kedepannya bisa sejalan dengan program pemerintah dan swasta.

"Pointnya adalah peningkatan pendidikan dan ekonomi," ujarnya.

Diketahui, Program Desa Vokasi dimaksudkan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan lingkungan yang dilandasi oleh nilai-nilai budaya dan pemanfaatan potensi lokal.

Melalui program ini diharapkan terbentuk kawasan desa yang menjadi sentra beragam vokasi dan terbentuknya kelompok-kelompok usaha yang memanfaatkan potensi sumberdaya dan kearifan lokal.

Dengan demikian, warga belajar bisa belajar dan berlatih, menguasai keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja atau menciptakan lapangan pekerjaan sesuai dengan sumber daya yang ada di wilayahnya, sehingga taraf hidup masyarakat semakin meningkat.

Secara spesifik, Program Desa Vokasi merupakan wujud implementasi program pendidikan kecakapan hidup dalam spektrum perdesaan dengan pendekatan kawasan, yaitu kawasan perdesaan. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -