Tidak Ada Promosi Jabatan Eselon IV di 2018

KARAWANG, KarawangNews.com - Berlakunya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan Unit Teknis Daerah membuat Pemda Karawang mengeluarkan kebijakan tidak melakukan promosi eselon IV, lantaran banyaknya pejabat eselon IV yang akan 'non job'.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang, Asep Aang Rahmatullah menuturkan, dengan berlakunya aturan tersebut pada 2018 mendatang membuat banyak pejabat eselon IV di sejumlah UPTD akan 'non job'.

Berdasarkan data kepegawaian, tercatat ada sebanyak 336 pejabat eselon IV yang saat ini menjabat disejumlah UPTD. Setelah berlakunya aturan tersebut pada awal tahun 2018 mendatang, maka hanya ada 61 pejabat eselon IV yang akan duduk di jabatan UPTD. Maka akan ada 275 pejabat eselon IV yang akan 'non job'.

Sementara itu, terkait jumlah UPTD saat ini tercatat ada 168 UPTD yang tersebar disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kabupaten Karawang. Namun dengan berlakunya Permendagri baru ini diprediksi hanya akan ada 33 UPTD yang bertahan dan sebanyak 85 UPTD akan hilang.

Hal ini membuat BKPSDM berfikir keras agar pengelolaan kepegawaian bisa terus berjalan dengan baik. Salah satu kebijakan yang akan diambil, tidak adanya promosi jabatan dari staf ke eselon IV di tahun 2018 mendatang. 

"Jadi solusinya tidak ada promosi di staf ke eselon IV," jelasnya, Selasa (19/12/2017) siang.

Sementara itu, terkait redistribusi pegawai eselon IV ini, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah alternatif. Mulai dari penawaran untuk beralih ke fungsional, penawaran pensiun dini bagi pegawai sudah berusia 50 tahun keatas dan sudah mengabdi minimal selama 20 tahun, hingga redistribusi parsial ke sejumlah SKPD sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

"Kita sudah susun sejumlah alternatif untuk redistribusi pegawai eselon IV ini. Meskipun masih banyak pegawai eselon IV yang akan 'non job' di tahun 2018," paparnya.

Diketahui, sebelum berlakunya Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 jumlah UPTD sebanyak 168, jumlah Pejabat eselon IV di UPTD sebanyak 336.

Kemudian, sesudah berlakunya Permendagri Nomor 12 Tahun 2017, prediksi jumlah UPTD sebanyak 33, prediksi jumlah pejabat eselon IV di UPTD sebanyak 61 dan prediksi Jumlah pejabat eselon IV 'non job' sebanyak 275. (rls/spn)

Keterangan foto: Asep Aang Rahmatullah
Sumber foto: net
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -