Agar Banjir Tak Berulang, Pemda Perlu Persiapan Diri

KARAWANG, KarawangNews.com - Anggota DPRD Kabupaten Karawang, Indriyani ST mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang harus mempersiapkan diri menghadapi banjir luapan Sungai Citarum dan Cibeet, yaitu dengan cara membenahi tanggul, saluran air dan pintu air yang terhubung dengan sungai besar tersebut.

"Memang, banjir ini adalah tanggungjawab semua kabupaten yang dilintasi Sungai Citarum dan Sungai Cibeet, tapi daerah Karawang harus mempersiapkan diri, membenahi infrastruktur tiap wilayah yang rawan banjir, sehingga banjir tidak menjadi masalah yang terus berulang," kata dia, Selasa (15/11/2016) siang.

Menurutnya, jika melihat kondisi geografis pemukiman yang langganan kebanjiran akibat luapan sungai itu, maka pemerintah harus kembali  mengkaji, apakah diperlukan merelokasi pemukiman yang sering terkena banjir.

"Ini perlu penanganan serius dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), setelah dikaji jangan hanya program tertulis, tetapi harus bisa direalisasikan dan mendorong anggarannya agar segera dikerjakan Dinas Cipta Karya bersama Dinas Bina Marga," jelasnya.

Banjir tak hanya tugas pemerintah yang melakukan pembenahan, sambung Indriyani, melainkan menjadi tanggungjawab semua masyarakatnya juga, menjaga kondisi lingkungan dan tidak membuat fasilitas umum yang menganggu saluran air, termasuk tidak membuang sampah ke saluran air yang menyebabkan saluran mampet.

Pada Senin (14/11/2016) malam, Indriyani bersama relawannya melihat kondisi para pengungsi korban banjir di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang, di aula ini ratusan pengungsi asal Kampung Poponcol tidur tanpa alas lantai, beberapa diantaranya mengalami sakit demam akibat kedinginan.

"Kita bagikan nasi bungkus, karena di situ tidak ada dapur umum," jelasnya.

Selain warga Poponcol, di malam yang sama, Indriyani membagikan nasi bungkus bagi pengungsi banjir di Desa Kalangligar, Kecamatan Telukjambe Timur. Masih di kecamatan yang sama, Indriyani juga membagikan nasi bungkus kepada para korban banjir di Dusun Gempol Tengah, Desa Purwadana.

"Kita sudah siapkan pompa air untuk menyediakan menyedot genangan air banjir di Gempol Tengah," ucapnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -