• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jurnalis dan Guru Punya Peran Strategis Cerdaskan Bangsa

    Rabu, 15 November 2023

    DR. Lati Andriani, S.Pd,.M.Pd.

    KarawangNews.com, - Wartawan memiliki peran strategis dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan itu dapat dilakukan melalui karya  jurnalistik berkualitas.


    Hal tersebut disampaikan Kepala Sekolah  SMA Negeri 3 Cikampek, Kabupaten Karawang, DR. Lati Andriani saat ngobrol santai bersama beberapa jurnalis Karawang di salah satu ruangan Kampus SMA Negeri 3 Cikampek Kabupaten Karawang, Selasa 14 November 2023.


    "Lakukan penyebaran informasi sekaligus kontrol terhadap berbagai isu pendidikan," ucap DR. Lati. 


    Menurutnya kontrol sosial tersebut dapat dilakukan mulai dari tataran kebijakan di tingkat pusat hingga daerah, serta bagaimana implementasinya di lapangan.


    Hal kedua yang dapat dilakukan para wartawan adalah menyebarkan berita yang positif, objektif, valid, dan bertanggung jawab. Lati menggarisbawahi, banyaknya berita negatif dan kontraproduktif menjadi alasan mengapa wartawan harus menyebarkan berita sesuai kaidah jurnalistik.


    "Dengan begitu kita berharap muncul masyarakat yang kritis, kreatif, dan produktif. Kritis tadi bisa membedakan ini salah, ini nggak terjadi. Sehingga tidak semua berita ditelan mentah-mentah, seolah-olah berita itu benar," paparnya.


    Sementara jurnalis senior N.Hartono menyampaikan beberapa isu hangat yang berkembang pada tahun politik ini. Salah satunya menurut Romo sapaan akrab N.Hartono, ada beberapa jurnalis yang partisan dan cenderung memihak kesalah satu partai politik. 


    Namun hal tersebut tidak terlalu 'membahayakan' bagi keberlangsungan kehidupan' berjurnalistik dibanding dengan issue baru, terkait oknum ngaku wartawan yang kerap mendatangi sekolah-sekolah dengan dalih konfirmasi tapi ujung-ujungnya intimidasi.


    Kadang oknum atau bahkan orang -orang yang mengaku wartawan tersebut datang ke sekolah terkesan mencari-cari kesalahan pihak sekolah. Dan tidak pernah berdiskusi yang bersifat edukatif.


    "Padahal  jurnalis melalui medianya punya pengaruh besar, karena itu, potensi besarnya jangan terbuang sia-sia, energinya harus dipakai untuk kemaslahatan bersama, peningkatan mutu pendidikan, SDM anak bangsa dan ekonomi," terang Romo.



    Hal lainnya yang bisa dilakukan para jurnalis adalah membantu mengurangi kesenjangan pendidikan antar wilayah dan ikut serta menentukan masa depan bangsa melalui karya jurnalistiknya.


    "Ketika seorang jurnalis membantu mengurangi kesenjangan pendidikan antar wilayah melalui karya jurnalistiknya, itu akan meningkatkan daya kritis para pembaca," ujarnya.(**)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru