• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Volume Sampah di TPAS Jalupang Melampaui Batas, Perlu TPS3R

    Jumat, 17 September 2021

    KarawangNews.com - Volume sampah di Tempat Pengelolaan akhir sampah (TPAS) Jalupang sudah melampaui batas, sehingga perlu membuat Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R).

    Hal itu dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Drs. Wawan Setiawan pada diskusi pengelolaan sampah bersama Ghazali Centre, Kamis (16/9/2021).

    Kata Wawan, dalam menangani persoalan sampah kami telah maksimal supaya terkendali, diantaranya membuat bank sampah dan TPS3R.

    Diakuinya, pemerintah telah berupaya mengimplementasikan amanah Undang-undang No. 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.

    "Kapasitas penampungan sampah di Jalupang udah over load, kini ketinggian sampahnya sudah mencapai 15 meter," kata Wawan.

    Dia berharap, masalah sampah bisa dikelola baik oleh pihak pengelola yang sesuai dengan bidang keilmuannya, sehingga penanganan sampah bisa dituntaskan.

    Selain itu, perlu kesadaran masyarakat terkait sampah, sebab secanggih apapun teknologi, tanpa kesadaran dan tanggung jawab individu akan sia-sia. 

    Sementara itu, Direktur Eksekutif Ghazali Centre, Lili Ghazali mengatakan, kegiatan diskusi untuk mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan sampah, serta menyelaraskan pandangan persoalan sampah. [de]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +