Tidak Ada Perayaan Waisak, Umat Buddha Karawang Bagi-bagi Sembako

KarawangNews.com - Posko Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) Peduli Dampak Covid-19 Kabupaten Karawang kembali membagikan sembako bagi warga terdampak Covid-19, Kamis (7/5/2020). 

Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Kabupaten Karawang, Rudy menyatakan, bakti sosial (baksos) ini dilaksanakan memperingati Hari Raya Waisak, hanya saja di tahun ini tidak ada perayaan, kecuali santunan.

"Ini dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak, juga berbagai makanan bagi yang berpuasa di bulan Ramadhan," ucapnya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, memaksa  umat Buddha di beberapa daerah tidak merayakan Hari Raya Waisak, termasuk di Kabupaten Karawang, mengingat pemerintah telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah kerumuman massa.

"Kegiatan kita tiap tahun rutin, tidak ada bedanya, berbagi sembako ke masyarakat, hanya saja tahun ini tidak membuat perayaan, karena PSBB," jelasnya.

Pembagian sembako ini dilakukan mulai pagi, keliling ke beberapa lokasi, mereka yang mendapatkan terutama masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19, termasuk tukang ojek dan tukang becak.

"Diawali pagi, membagikan sembako sebanyak 315 paket untuk umat Buddha dan masyarakat yang terdampak Covid-19," kata Rudy.

Paket sembako yang dibagikan diantaranya  beras 5 Kg, minyak 1 liter, mie instan, bihun, minuman botol, termasuk biskuit.

Usai membagikan sembako pagi hingga siang, sore harinya Posko KBI Peduli Dampak Covid-19 Kabupaten Karawang memberikan nasi kotak berbuka puasa kepada masyarakat muslim yang terdampak Covid-19 di beberapa titik, sedikitnya 17 orang tim disebar sejak pagi hingga sore pada kegiatan ini.

Baksos ini diikuti Ketua Vihara Buddha Guna Karawang, Budi Priatna, juga Ketua Ranting Wanita Buddhis Indonesia (WBI), Mailina, termasuk Ketua WBI Cabang Kabupaten Karawang, Susanawati, juga pemuda pemudi Vihara Buddha Guna Karawang.

Rangkaian kegiatan ini, sambung Rudy, masih berkelanjutan, rencananya kegiatan serupa akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei, yaitu bagi-bagi nasi kotak untuk berbuka puasa, kemudian 15 Mei bagi-bagi sembako dan 17 Mei bagi-bagi nasi kotak lagi. [spn]
iklan
BERIKAN KOMENTAR ()