• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    1800 Sepeda Tua Napak Tilas Karawang-Bekasi 

    Sabtu, 20 Februari 2010
    BeritaKarawang.com - Sebanyak 1800 sepeda tua se-Indonesia melakukan napak tilas Karawang-Bekasi sebagai ungkapan cinta terhadap bangsa dan negara.



    Napak tilas dengan jarak tempuh 40 km ini 'start' di lapangan Karang Pawitan, Karawang, Sabtu (20/2/2010) pukul 15.00 WIB dan finish di kantor Wali Kota Bekasi.

    Untuk mengenang kembali sejarah bangsa ini, sebanyak 1800 sepeda onthel itu menyemarakan Napak Tilas Pangkal Perjuangan Karawang-Bekasi. 


    Pecinta sepeda tua dari berbagai daerah se-tanah air mengayuh sepeda bersama dari Karawang menuju Bekasi. Jarak ini mengenai masa perjuangan bangsa yang ditulis dalam puisi oleh Chairil Anwar dengan judul Karawang-Bekasi.

    Napak tilas ini pun merupakan perayaan hari ulang tahun KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia, juga sebagai ajang silaturahmi sesama pecinta sepeda tua. Asal peserta ini diantaranya dari Kalimantan Barat, Bali dan terjauh dari Banda Aceh. Sebelum hari pelaksanaan, peserta dari luar daerah menginap satu hingga tiga malam di Karawang.

    Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak Sabtu pagi hingga 'start' pukul 15.00 WIB. bertempat di Lapangan Karang Pawitan, Karawang dengan pameran sepeda. 


    Ribuan penggemar sepeda tua yang datang dari Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi dan berbagai daerah di Indonesia, berkumpul mengikuti acara ini.

    Hadir juga sosok replika Soekarno dan Hatta yang semakin menciptakan suasana terasa 'tempoe doeloe'. Sementara itu, KOSTI ini bekerjasama dengan Pemda Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kodya Bekasi yang mencoba merealisasikan ungkapan cinta tanah air dengan parade bersepeda onthel dalam napak tilas ini.


     Parade ini diberangkatkan dari Lapangan Karang Pawitan, selanjutnya berparade melewati Kota Karawang, Kertabumi, Gempol, Tanjung Pura, Cikarang (beristirahat etape I), Tambun, Gedung Joang 45, RE.Martadinata, Jl. Fatahillah, Jl. Imam Bonjol, Kabupaten Bekasi, Jl. Diponegoro, Jl. Cut Mutia, Jl. Ahmad Yani dan finish di Kantor Walikota Bekasi untuk kemudian disambut oleh Bapak Walikota
    Bekasi Muchtar Muhammad.




    Malam ini di Kota Bekasi, ribuan onthelis menyambut parade Napak Tilas Pangkal Perjuangan Karawang dan dilanjutkan pesta kembang api pada malam harinya. Pada Minggu pagi besok, seluruh peserta akan memperingati 'Care free day' Kota Bekasi.

    Acara ini merupakan peringatan ke 2 tahun dari KOSTI sebagai wadah nasional penggemar sepeda tua di Indonesia, juga sebagai ajakan kampanye langsung kepada masyarakat di sepanjang jalan Karawang-Bekasi Untuk kembali menggunakan sepeda. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +