• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Tunjangan Fungsional Guru Honor Molor?

    Sabtu, 02 Januari 2010

    BeritaKarawang.com - Sejumlah perwakilan guru honor di Kecmatan Pedes Kabupaten Karawang mempertanyakan realisasi pencairan tunjangan fungsional tahun 2009. Mereka meminta pihak pemerintah daerah memberikan kejelasan terkait pencairan tunjangan tahunan tersebut yang sampai awal tahun 2010 ini masih belum digelontorkan.


    Tunjangan yang belum dicairkan itu seperti tunjangan fungsional guru honor per bulan jenjang diploma Rp 200 ribu dan tunjangan guru honor perbulan jenjang strata 1 sebesar Rp 250 ribu. Meski tidak mengganggu kinerja, namun para guru tersebut mengaku lantaran belum dicairkannya dana tersebut aktifitas kinerja jadi cukup terganggu. "Padahal dengan dana itu bakal cukup membantu aktifitas kinerja kami yang sebagai guru honor," sebut salah satu anggota forum guru honor di Kecamatan Pedes yang tak mau disebutkan namanya, Sabtu (2/1/2009) siang.

    Dikatakan dia, terkait hal ini para guru honor sebelumnya sudah menyelesaikan proses pengajuan melalui masing-masing UPTD setempat untuk mendapatkan dana insentif tahunan itu. Namun, sampai akhir tutup tahun 2009 pihak terkait khususnya Dinas Pendidikan Karawang dan Pemkab Karawang belum memberikan kejelasan mengenai kepastian waktu penggelotoran dana yang sudah menjadi hak para guru honor.

    "Padahal semua persyaratan seperti foto copy SK, data pribadi dan lainnya seperti yang diminta sudah kami lampirkan, namun sampai hari ini meski sudah kami tanyakan ke UPTD justru malah belum bisa memastikan kapan tunjangan ini bisa dicairkan. Hal ini yang membuat kami bingung," jelas guru honor yang mengajar di salah satu sekolah dasar negeri ini.

    Ketua Forum Guru Honor Kecamatan Pedes, Lukmanul Hakim, ketika dihubungi membenarkan hal itu. Kata dia, sampai hari kemarin pihaknya pun masih belum mendapat informasi lanjutan mengenai hal tersebut. Meski demikian, pihaknya menyebut terkait kejelasan hal ini forum guru honor masih menunggu pemberitahuan pihak UPTD. "Kami masih menunggu pemberitahuan tentang hal ini dari UPTD, selanjutnya begitu ada tembusan langsung akan kita sebar ke anggota," kata Lukman.

    Menanggapi hal itu, Kepala UPTD TK,SD Kecamatan Pedes, Sugiyadi mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan calon penerima tunjangan fungsional guru honor ke pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

    Ia pun menyampaikan kuota dan penentu penerima dana tunjangan sepenuhnya diserahkan ke Disdikpora. Namun, Ka UPTD belum menjelaskan kepastian realisasi dana tunjangan itu. "Nantinya akan ditransfer melalui rekening masing-masing desa untuk lebih jelasnya silahkan tanya Disdikpora,"singkat Sugiyadi dalam pesan singkatnya.


    Dimintai pendapatnya, Ketua Komisi C DPRD Karawang, Tono Bahtiar, ketika dimintai pendapatnya menyebut pihak DPRD masih mengawal proses pencairan dana tunjangan fungsional tahun 2009 para guru honor tersebut.

    "Sejauh ini dari informasi dana tersebut sudah ada dipihak terkait hanya saja masih harus menunggu hingga tanggal 7 Januari medatang. Kita lihat saja nanti sama-sama," kata Tono. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +