• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Karawang Siap Fasilitasi Pembangunan Jembatan Batujaya

    Jumat, 13 November 2009

    BeritaKarawang.com - Kamis (5/11/2009), Bupati Karawang, Drs. H. Dadang S. Muchtar menyatakan siap memfasilitasi pembangunan jembatan rangka baja Batujaya – Cabangbungin yang akan menghubungkan Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Bekasi. Hal tersebut disampaikan Bupati saat menerima rombongan Komisi C DPRD Kabupaten Bekasi di Gedung Singaperbangsa Lt. II Pemda Karawang.


    Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dadang S. Muchtar mengatakan, pihak Pemerintah Kabupaten Karawang pada prinsipnya sangat mendukung terhadap upaya penyelesaian jembatan Batujaya – Cabangbungin yang telah lama terbengkalai. "Oleh karena itu, pihaknya berterimakasih telah ada komunikasi dan komitmen kuat dari para pihak terkait lainnya, yaitu Kabupaten Bekasi," ujarnya.


    Lebih lanjut Bupati mengatakan, terbengkalainya proyek pembangunan jembatan tersebut hendaknya dapat dipecahkan bersama-sama, khususnya oleh pihak Dinas Bina Marga dari kedua belah pihak. "Untuk agar segera diinvetarisir permasalahan-permasalahan yang ada sekaligus pembagian kewenangan dari kedua belah pihak. Yang dibahas bersama-sama," imbuhnya.


    Bupati menambahkan, kendala belum tersedianya rangka baja dari Pemerintah Pusat agar dapat disegera ditindaklanjuti. Sisa sebanyak 100 meter rangkabaja dari 140 meter yang dijanjikan agar dikoordinasikan terus dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat serta Departemen Pekerjaan Umum. "Namun demikian, bila masih terdapat kendala, Pemerintah Kabupaten Karawang siap untuk menyediakan rangka baja tersebut dengan anggaran APBD," tambahnya.


    Ketua Komisi C Kabupaten Bekasi, Aep Saefullah Rahman mengatakan, pihaknya berharap ada konklusi yang dapat segera terwujud terkait pembangunan jembatan Batujaya- Cabangbungin. Terlebih sepanjang jalan mulai dari Tanjungpura hingga Rengasdengklok telah dinyatakan sebagai jalan propinsi. "Padahal salah satu syarat jalan propinsi adalah menghubungkan dua Kabupaten, dan hanya jembatan tersebut yang dapat menghubungkan ruas jalan tersebut,"
    imbuhnya.


    Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Karawang, Drs. Saleh Effendi mengatakan rencana pembangunan jembatan rangka baja Batujaya – Cabangbungin diawali pada tahun anggaran2005, dimana telah terjadi kesepakatan antara Pemerintah Propinsi Jawa Barat, Kabupaten Karawang, dan Bekasi. "Pembangunan dilakukan dalam rangka mendukung penanganan ruas akses jalan di wilayah Kabupaten Karawang dan Bekasi," jelasnya.


    Saleh Effendi menambahkan, sampai saat ini telah tahapan proyek yang telah dilaksanakan adalah pembangunan konstruksi bangunan bawah dan akses jalan pendekat. Investasi yang telah dikeluarkan sampai tahun anggaran 2008, antara lain Kabupaten Karawang, dari APBD I sebesar Rp. 4 milyar, dan APBD II sebesar Rp 4,108 milyar. "Sedangkan Kabupaten Bekasi, dari APBD I sebesar Rp. 2,692 milyar dan APBD II sebesar Rp. 5,9 milyar," tambahnya. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru