• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pemkab Maros Belajar Pola Budidaya Udang ke Karawang

    Selasa, 27 Oktober 2009

    BeritaKarawang.com - Dalam rangka mempelajari tehnik pengelolaan tambak udang, Pemerintah Kabupaten Maros Propinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karawang. Kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Bupati Maros H. Andi Nadjamuddin, AM diterima secara langsung oleh Bupati Karawang, Drs. H. Dadang S. Muchtar di Gedung Singaperbangsa Lt. II Pemda Karawang, Selasa (27/10).
     
    Dalam kesempatan tersebut, Bupati Maros, Andi Nadjamuddin menjelaskan bahwa pihaknya tertarik melakukan kunjungan kerja setelah melihat berita serta informasi dari televisi mengenai budidaya tambak udang di Kabupaten Karawang. "Tambak udang di Karawang berhasil bangkit dengan menerapkan teknologi yang lebih maju dari teknologi yang digunakan selama ini," jelasnya.
     
    Oleh karena itu, lanjut Andi, pihaknya berupaya untuk datang ke Karawang untuk mempelajari teknik budidaya udang di Karawang. Terlebih perkembangan buidaya tambak udang di Kabupaten Maros sendiri mengalami banyak kendala. "Sehingga input dan output yang didapatkan tidak seimbang, dan outcome yang diharapkan pun sulit tercapai," tambahnya.
     
    Bupati Dadang S. Muchtar dalam paparannya menjelaskan, keberadaan tambak udang di Kabupaten Karawang pernah mengalami pasang surut. Tambak udang sendiri diawali oleh adanya pelarangan penggunaan jaring trawl/arad pada tahun 1981 sehingga produksi udang beralih ke budidaya. "Ujicoba budidaya udang pertama kali dilaksanakan di Sungaibuntu Pedes pada tahun 1982," ujarnya.
     
    Salah satu pengelola tambak udang yang berhasil di Karawang, H. Endi menjelaskan, pihaknya mengembangkan reklamasi tambak udang dengan menggunakan bioteknologi. Melalui teknologi yang menggunakan membran elektron tersebut, tambak akan selalu mendapatkan air yang bersih dari virus 'White Spot'. "Hal lain yang harus diperhatikan adalah untuk tidak melupakan pula konservasi alam dalam konsep pengembangan perikananl," pesannya.
     
    Sementara itu, berdasarkan data dari Kepala Dinas Perinakan Kelautan dan Peternakan Kabupaten Karawang, Drs. Hendro Subroto, MM, luas sebaran potensi tambak di Kabupaten Karawang mencapai 15.567 hektar yang tersebar di 9 kecamatan. Sedangkan untuk produksi udang windu di Kabupaten Karawang mencapai 1.430,7 ton untuk tahun 2007, dan 5.415,9 ton untuk tahun 2008. "Sedangkan untuk tahun 2009, sampai dengan bulanMei realisasi produksi telah mencapai 3.244,39 ton," tuturnya. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +