• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Warga Amansari Minta Janji PT. Nasitor

    Rabu, 13 Mei 2009


    RENGASDENGKLOK, RAKA - Masyarakat bersama LSM Somaka dan BPD (Badan Perwakilan Desa) Amansari, Kecamatan Rengasdengklok menuntut janji PT. Nasitor Sakti Segara yang akan mempekerjakan masyarakat setempat sebanyak 90 persen. Perjanjian itu telah disepakati sejak perusahaan ini mulai dibangun tahun 2007 lalu. Namun, hingga kini kesepakatan itu belum terealisasi.

    Pertemuan ini dilakukan Selasa (12/5) siang di perusahaan stasiun gas elpiji Rengasdengklok tersebut. Sebagai penengah pertemuan ini dilakukan langsung Kapolsek Rengasdengklok AKP Mujiharja bersama Kepala Desa Amansari Hanafi. Mereka disambut baik pihak perusahaan dan membicarakan persoalan yang terjadi selama stasion gas elpiji berdiri hingga sekarang.

    Menurut Manejer Plan PT. Nasitor, Hery Fahmi, pihaknya sudah mengakomodir tenaga kerja lokal di sekitar Desa Amansari sekitar 60 persen. Pihaknya telah merekrut tenaga kerja lulusan SD untuk mengembangkan perusahaan gas ini. Diakuinya, jika stasion gas ini telah beroperasi, tentunya akan banyak agen yang bermunculan dan akan banyak pula tenaga kerja yang dia butuhkan. "Ya memang untuk Dusun Krajan Barat, Amansari belum ada perekrutan, tapi untuk dusun sudah ada. Dan kita tidak bisa mempekerjakan semua," ujarnya.

    Di tempat sama, anggota LSM Somaka juga Ketua Karangtaruna Desa Amansari, Toni Dalmanik belum puas dengan pernyataan PT. Nasitor. Kata dia, persoalan ini bukan hanya untuk Desa Amansari, melainkan menyangkut masyarakat Rengasdengklok, karena perusahaan ini berdiri di Kecamatan Rengasdengklok. "60 juga itu versi perusahaan, kita belum cek keakuratannya," ujarnya.

    Sejak perusahaan ini dibangun 2007 lalu, pernah ada kesepakatan antara pihak desa dan perusahaan untuk memberdayakan masyarakat setempat, yaitu perekrutan tenaga kerja. Namun, koordinasi itu sempat terputus dan pihak perusahaan malah melakukan rekrutmen diluar pengetahuan pihak desa. Hal ini diketahui setelah masyarakat kembali mempertanyakan janji awal perusahaan itu, yaitu sanggup mempekerjakan warga di sekitar perusahaan itu berdiri sekitar 90 persen. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +