• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Camat Ade: BLT Harus Dinikmati Gakin

    Minggu, 17 Mei 2009
    PEDES, RAKA - Yang lebih tepat, dana BLT (Bantuan Langsung Tunai) itu bukan dipotong, tapi merupakan kesanggupan peserta BLT untuk menghibahkan uangnya kepada warga non BLT. Memang dilematis, disatu sisi program BLT ini harus mengikuti aturan, tapi disisi lain kondisi tiap desa berkata lain mengenai BLT. Demikian kata Camat Pedes, Ade Sudiana, kepada RAKA, Jumat (16/5) siang.
    "Yang paling utama, penerima manfaat BLT bisa menerima uang tunai BLT. Kita sebagai aparat pemerintah hanya bisa mengamankan dan tidak punya kebijakan, yang penting BLT tepat sasaran. Dan kondisi pembagian BLT tergantung desa masing-masing, kita tidak interpensi," katanya.
    Mengomentari pemotongan BLT yang kemungkinan akan terjadi di semua desanya, camat menegaskan, penerima manfaat BLT langsung mengambil uang tunai dari petugas Pos secra utuh, setelah uang itu dipegang berarti sudah jadi hak peserta BLT, apakah dia rela sebagian uangnya dihibahkan untuk non BLT atau tidak. Dan penyaluran dana BLT ini harus dijalankan sesuai ketentuan. "Idealnya tidak boleh ada pemotongan, karena yang berhak adalah pemerina kartu, tapi kita tidak menutup mata banyak warga msikin yang tidak dapat BLT," ujarnya.
    Kata camat, data BLT yang sekarang digunakan adalah data lama tahun 2005 lalu. Sedangkan pendataan yang dilakukan para mahasiswa yang melakukan penyemprotan RTM (Rumah Tangga Miskin) bukan berarti akan penerima BLT, itu adalah program pemerintah pusat untuk mengetahui data keluarga miskin. "Jadi RTM itu bukan untuk BLT saja, nantinya RTM itu akan mendapat Jamkesmas dan bantuan lainnya yang akan ditentukan pemerintah," jelasnya.
    Dua minggu lalu, aku Camat, pihaknya telah mengumpulkan semua desa dalam tatap muka bersama Pos Indonesia, Karawang bersama muspika dalam membahas BLT. Pada pertemuan itu dibicarakan bahwa penyaluran BLT harus sesuai ketentuan yaitu yang masuk dalam daftar peserta BLT. "Yang . enting tepat sasaran dan warga miskin yang menikmati. Saya yakin semua desa bisa mengatasinya, karena pembagian BLT ini bukan pertama kali," tandasnya. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +