• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Desa Kalidung Jaya Masih Terendam Banjir Luapan Citarum

    Selasa, 10 Februari 2009
    CIBUAYA, RAKA - Hingga kemarin, puluhan rumah di Desa Kalidungjaya, Kecamatan Cibuaya masih terendam banjir setinggi 20 cm. Banjir ini merupakan banjir air bah tanggul Sungai Citarum dari Dusun Tangkil, Desa Kuta Ampel, Kecamatan Batujaya 15 Januari 2009 lalu.
     
    Dijelaskan Kepala Dusun Kalidung I, Minan Kasogi (39), kepada RAKA, Minggu (8/2) siang, tercatat sekitar 776 rumah di desanya terendam banjir yang hingga kini masih terjadi. Pada banjir akibat tanggul jebol, hampir semua pemukiman terendam total, bahkan desa ini terisolasi dari desa lainnya, karena untuk berjalan kaki saja sangat sulit, mengingat ketinggian air selutut hingga sepinggang orang dewasa. "Sekarang di Dusun Kalidung I, RT 03 dan 04 masih banjir setinggi 20 cm," ujarnya.
     
    Ratusan hektar sawah dan 100 hektar tambak ikan bandeng masih terendam, sawah-sawah masih tampak terlihat seperti danau luas. Air yang menggenangi persawahan ini dimanfaatkan warga setempat yang memiliki perahu sebagai media transportasi antar kampung. Ketinggian air yang menggenangi sawah tidak membuat perahu-perahu kayu ini menyentuh tanah sawah. Sehingga perahu warga bisa meluncur bebas di atas persawahan.
     
    Banjir yang tiap tahun menenggelamkan ratusan rumah di Desa Kalidungjaya ini sudah dianggap hal biasa. Kendati begitu, warga tetap meminta pada pemerintah supaya bisa menanggulangi banjir tahunan yang kerap membuat warga setempat menderita. "Saya harap ada pembenahan di bidang infrastruktur, diantaranya saluran air," ujarnya. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +