Pertamina EP Kembangkan Padi Organik di Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - Pertamina EP Asset 3 Field Subang melaksanakan panen perdana program Corporate Social Responsibelity (CSR) pertanian Sistem Rice Intensification (SRI) Organik di area sawah seluas 4.000 Ha, di Kelurahan Plawad, Kecamatan Karawang Timur, Selasa (26/3/2019) siang.

Legal and Relations Ast Manager PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang, Retno Hastuti mengatakan, panen beras organik ini hasil kerjasama dengan Yayasan Aliksa Organik bersama Kelompok Tani di kelurahan tersebut.

Diakuinya, dengan berhasilnya panen padi organik ini secara langsung mematahkan anggapan hanya tanaman keras yang bisa hidup di area pertambangan, tetapi terbukti padi bisa dengan baik tumbuh di area sumur minyak dan gas (Migas) Pertamina ini.

Kata dia, Pertamina EP melaksanakan pendampingan program Padi Sri binaan di Kabupaten Karawang, yaitu di daerah Cilamaya, Plawad dan Ciranggon. Pola tanamnya menerapkan konsep organik dengan praktek tanam tunggal, juga membuat kompos organik, Mikro Organisme Lokal (MOL), sampai pada pengobatan herbal untuk keluarga.

Di tempat sama, Lurah Plawad, Adi Firmansyah SH, MH mengapresiasi warganya yang memiliki semangat belajar budidaya pertanian organik. Diakuinya, wilayah Plawad memiliki potensi pertanian organik yang prospektif, ditambah dengan potensi Migas yang cukup baik.

Di Kelurahan Plawad ini terdapat sumur Migas BBS-09 milik Pertamina EP, ini merupakan salah satu sumur Migas pengembangan Pertamina EP Asset 3 Subang Field dengan produksi minyak sebesar 4.578 bopd dan gas sebesar 195 mmscfd.

"Saya apresiasi terhadap peran Pertamina EP, kegiatan ini bisa meningkatkan produksi padi dan ekonomi masyarakat," kata Adi.

Diketahui, PT Pertamina EP merupakan perusahaan milik pemerintah yang menyediakan energi untuk memenuhi kebutuhan nasional dan beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas. PT Pertamina EP Asset 3 Subang Fiend merupakan salah satu field di wilayah kerja PT Pertamina EP Asset 3 dengan wilayah kerja di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

Pencapaian produksi PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field yaitu angka produksi minyak mencapai Minyak 1400 bopd dan Gas 2.3 mmscfd. (spn/rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews - Berdiri Sejak Tahun 2008
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -