• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pertamina EP Resmikan Ekowisata Mangrove Pantai Mekar

    Kamis, 29 November 2018
    BEKASI, KarawangNews.com - PT Pertamina EP, melalui Asset 3 Tambun Field melakukan Program Pengembangan Kawasan Ekowisata Mangrove di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi, Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2016.

    Di lokasi ini, Pertamina telah menanam mangrove, pembangunan tracking, pelatihan pengolahan mangrove, termasuk sosialisasi cinta lingkungan dan bersih pesisir kepada masyarakat  setempat, terutama Pokdarwis Citra Alam Bahari sebagai pengelola ekowisata ini.

    Tracking ekowisata mangrove sepanjang 200 meter ini sangat menarik bagi wisatawan, selain hutannya, juga panorama 'sunset' di sore hari. Pertamina sangat menyadari, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan pesisir yang luas, juga memiliki bentangan mangrove besar.

    Namun begitu, mangrove mengalami kerusakan dari waktu ke waktu, maka perlu perlindungan dan pemeliharaan agar kelestariannya bisa dijaga. Seperti kawasan hutan mangrove Muara Gembong, ekosistem mangrove di pesisir utara Teluk Jakarta ini telah mengalami kerusakan parah dan telah menyebabkan abrasi yang berdampak kepada tiga desa, diantaranya Desa Pantai Mekar.  

    Bersamaan dengan peringatan Hari Pohon Indonesia, 28 November, PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta instansi lain mengadakan acara menanam pohon yang dilaksanakan di desa tersebut, Rabu (28/11/2018) siang.

    Kepala Badan Koordinasi Pemerintah & Pembangunan (BKPP) Wilayah II Provinsi Jawa Barat Toto Mohamad Toha menjelaskan, pentingnya memelihara kawasan lindung serta mengajak direksi BUMN maupun swasta, pelaksana pemerintahan daerah dan masyarakat untuk melaksanakan himbauan Presiden Republik Indonesia agar setiap orang menanam dan memelihara 25 pohon seumur hidup. 

    "Semoga dengan adanya ekowisata mangrove ini dapat memajukan Muara Gembong, khususnya Desa Pantai Mekar," harapnya.

    Senada dengan hal tersebut, Exploration and New Discovery Project Director PT Pertamina EP, Achmad Alfian Husein mengatakan, program ecowisata Pertamina EP ini upaya penyelamatan ekosistem, dia juga mengajak seluruh pekerja Pertamina EP dan masyarakat agar menanam pohon.

    Field Manager PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field, Ceppy Agung Kurniawan mengatakan, kegiatan menanam pohon ini lingkungan sekitar kawasan mangrove Desa Pantai Mekar ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

    Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi H. Uju mewakili Bupati Kabupaten Bekasi, dinas terkait yang berada di Provinsi Jawa Barat dan Perhutani. (rls/adv/spn)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru