Pupuk Kujang Kerjasama Transportasi Dengan PT KAI

KARAWANG, KarawangNews.com - PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) dan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman, tentang optimalisasi pengiriman logistik menggunakan kereta api. Penandatanganan ini disaksikan Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Direktur Utama PKC di acara peresmian Program Sinergi BUMN dan CSR BUMN, serta peresmian Digitalisasi Pertanian, di Balai Desa Mundu, Kabupaten Indramayu, Jumat (10/3/2017).

Staf Humas PKC Indra Gunawan, PT Pupuk Kujang sebagai salah satu anak perusahaan BUMN, yaitu PT Pupuk Indonesia (Persero), bergerak di bidang produksi dan pemasaran pupuk urea, pupuk NPK, pupuk organik dan produk kimia lainnya, PKC menggandeng PT KAI untuk menunjang kegiatan operasional, yaitu sarana pengangkutan logistik berupa bahan baku pabrik, produk pupuk dan batubara di wilayah PT KAI di Jawa Barat dan Jawa Timur. 

Kerjasama angkutan logistik dengan moda kereta api ini meliputi pengangkutan bahan baku pupuk dan komoditi lainnya dari Jawa Timur ke pabrik PKC di Dawuan Cikampek, begitu pula sebaliknya pengangkutan pupuk bersubsidi dan komoditi lainnya dari PKC di Dawuan Cikampek ke area pemasaran Jawa Barat dan non subsidi ke luar wilayah Jawa Barat. 

Juga, rencana pemanfaatan energi dari hasil proses batubara, moda kereta api untuk mengangkut batubara dari Tanjung Priok atau Tanjung Perak ke pabrik PKC di Dawuan Cikampek. 

Dengan adanya nota kesepahaman ini, PKC akan mengkaji kembali re-aktivasi jalur kereta lama di Dawuan Cikampek yang masuk ke area pemuatan serta menambah jalur untuk pengangkutan batubara serta bahan baku pabrik ke area laydown. 

"Dengan kerjasama ini dapat menunjang kelancaran distribusi dan pengadaan pupuk urea dan produk-produk lainnya ke wilayah tanggung jawab PT Pupuk Kujang di Jawa Barat dan Banten, serta produk non subsidi ke luar Jawa Barat," kata Indra.

Dalam kesempatan acara tersebut hadir diantaranya Deputi Kementerian BUMN Gatot Tri Hargo dan Wahyu Kuncoro, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat, Direktur SDM PT Pupuk Kujang Indra Armansyah, Wakil Ketua KTNA Indramayu Sutatang, juga Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Dirut PT KAI, Edi Sukmoro dan Direktur SDM PKC, Indra Armansyah. (rls/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -