PT Toyota Kembali Tanam 200.000 Mangrove di Cilebar

KARAWANG, KarawangNews.com - Toyota Indonesia kembali menanam 200.000 batang pohon mangrove sepanjang 4 km  pesisir pantai Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Pedes, Rabu (1/3/2017) setelah tahun 2013 lalu Toyota Indonesia menanam 260.000 batang mangrove di lokasi yang sama.

Selain menanam mangrove, juga melaksanakan aksi bersih-bersih sampah di pesisir pantai tersebut, gerakan ini dilakukan Toyota Indonesia bersama perusahaan pemasok yang tergabung dalam Toyota Manufakturers Club (TMClub), diantaranyaToyota Equipment Anda Facilities Club (TEFC) dan Toyota Indonesia Adventures Club (TIAC).

Penanaman mangrove dan bersih-bersih pantai ini pun melibatkan partisipasi sekitar 1.000 siswa SMP dan SMA di Karawang, para pelajar turun langsung menjadi bagian perbaikan ekosistem pantai.

Acara ini dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar, Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana didampingi Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono serta jajaran direktur TMMIN, sedangkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya berhalangan hadir di acara ini.

Kata Warih, grup Toyota di Indonesia menaruh oerhatian besar terhadap kelestarian lingkingan hidup dan berupaya terus-menerus melakukan aktivitas penghijauan melalui Toyota Forest. Pihaknya ingin menanamkan dan kesadaran kepada pelajar, pentingnya ekosistem sebagai penunjang kehidupan.

"Kita menyebarkan semangat kepada generasi muda agar terlihat secara aktif, sehingga perubahan lingkungan ke arah positif dapat kita capai bersama," jelasnya.

Diakuinya, penghijauan pesisir pantai yang dilakukan PT Toyota Indonesia di beberapa daerah beberapa tahun ini merupakan upaya mengurangi abrasi pantai, juga biodiversitas laut yang kaya dan melimpah, berkat perannya sebagai incubator bagi fase awal kehidupan beragam biota laut.

"Yang telah dilakukan Toyota bukan seremoni menanam lalu ditinggalkan, kami benar-benar memastikan pesisir pantai menjadi hijau," ungkapnya.

Tahun ini, PT Toyota Indonesia bersama-sama dengan perusahaan lokal dealer juga akan menanam ratusan ribu mangrove di pantai Karawang, Semarang dan Kendal Jawa Tengah, sehingga di tahun 2017 ini grup Toyota Indonesia telah menanam lebih dari 1.000.000 pohon mangrove di sepanjang pantai utara Pulau Jawa.

Sementara, Dedy Mizwar mengungkapkan, kerusakan pantai di Jawa Barat mencapai 84 km, maka setiap perusahaan harus bergerak melaksanakan penanaman mangrove di pesisir pantai. Jika separuh perusahaan melaksanakan penanaman mangrove, maka penghijauan di pesisir pantai akan selesai.

"Selain mangrove, kita ajak semua perusahaan untuk menanam bambu di hutan, untuk menahan terjadinya longsor," kata Dedy. (spn/rls)

baca juga:

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -