Amid Mulyana: PKBM Sudah Siap UNBK dan UNKP

KARAWANG, KarawangNews.com - Tahun 2017 ini tercatat jumlah peserta keseluruhan ujian nasional kesetaraan Paket C di Kabupaten Karawang sebanyak 2.353 peserta, 572 peserta diantaranya mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan 1.781 peserta tetap melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Sedangkan peserta ujian Paket B keseluruhan sebanyak 1.139 orang, 221 peserta diantaranya akan mengikuti UNBK dan 918 peserta mengikuti UNKP. Kemudian untuk Paket A tetap melaksanakan UNKP dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 280 orang. UNBK dan UNKP Paket A, B dan C akan dilaksanakan di bulan April setiap hari Sabtu dan Minggu. 

Dijelaskan Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Amid Mulyana ketika ditemui Selasa (28/3/2017) di kantornya, sebelum pelaksanaan ujian nasional, peserta Paket B dan C kini tengah melaksanakan simulasi ujian menggunakan komputer di SMK yang jaraknya dekat dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) penyelenggara pendidikan kesetaraan tersebut.

"Para pengelola PKBM sudah mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional kesetaraan yang melaksanakan UNBK dan UNPK," jelasnya.

Kata dia, pelaksanaan UNBK ini sesuai dengan surat Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), maka kedepanya seluruhnya peserta UNPK paket B dan C harus berbasis komputer, ini untuk menghilangkan stigma pendidikan non formal adalah pendidikan rendah dibanding formal. 

UNBK program pendidikan kesetaraan ini untuk menghilangkan kesan buruk terdapat kualitas dan kompetansi pendidikan kesetaraan Paket B dan C. Sebab selama ini pendidikan kesetaraan atau non formal dipandang sebelah mata, dibanding pendidikan formal.

Keberadaan pendidikan kesetraan ini membantu percepatan upaya pemerintah Kabupaten Karawang dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di sektor pendidikan, yaitu Rata-rata Lama Sekolah (RTS) masyarakat Karawang, karena tidak kurang 3.000 orang masyarakat Karawang tiap tahunnya melanjutkan pendidikan melalui jalur non formal ini. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -