Usaha Bersama, Remaja Dusun Krajan II Membentuk Karang Taruna

KARAWANG, KarawangNews.com - Karang Taruna Bhakti Bersatu Dusun Krajan II, Desa Bengle, Kecamatan Majalaya resmi dikukuhkan, Sabtu (1/10/2016) sore. Diharapkan, Karang Taruna yang terbentuk dari remaja di lingkungan setempat ini bisa mengembangkan dirinya, lebih berkarya dan punya jiwa usaha.

Pengukuhan ini dihadiri Kepala Dusun Krajan II, Tarman dan Ketua DKM Masjid Al Ikhlas, Sahaya dan menunjuk Ketua Karang Taruna Dusun Krajan II, Ahmad Syarifudin yang akrab disapa Acoy dengan wakilnya, Kidik alias Porang. Juga, Sekretaris, Iwan Ijo dan Bendahara Kasim alias Kolay.

Pengukuhan ini dilaksanakan di kediaman Penasehat Karang Taruna, Erwin S. Lubis bertempat di kediamannya, Perum CKM No. 125, RT 06, RW 02 dusun tersebut dan untuk humasnya ditunjuk Endang dan Kosasih alias Pacon, dengan jumlah anggota sekitar 100 orang.

Para pengurus Karang Taruna itu mayoritas pengangguran, meski ada beberapa yang bekerja dan memiliki usaha. Dengan begitu, melalui wadah Karang Taruna ini diharapkan remaja di dusun tersebut bisa memiliki penghasilan, diantaranya melalui usaha-usaha yang dibentuk bersama, seperti bengkel motor, cuci steam, las pagar, termasuk membuat mainan anak dari bahan kayu.

Dijelaskan Erwin, banyak usaha kecil yang cocok untuk dijalani para remaja di dusunnya, sehingga tidak usah cemas meski sulit diterima bekerja di pabrik. Dengan begitu, dia melibatkan anggota Karang Taruna untuk mengembangkan usaha bengkelnya.

Tak hanya bengkel, sambung Erwin, cuci steam motor dan alat pembuat puzzle kayu yang dimilikinya akan digunakan untuk menunjang usaha Karang Taruna. Sebagai upaya memberdayakan para anggota Karang Taruna, juga menjadi penghasilan tetap bagi mereka.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Al Ikhlas, Suhaya dan Kadus Krajan II, Tarman menyatakan, memberdayakan remaja sama hak dengan menyelamatkan generasi bangsa di masa mendatang, sebab mereka akan menjadi tumpuan, menggantikan sesepuh yang sudah renta.

Karang Taruna ini, kata Suhaya, akan dilibatkan sebagai panitia semua perayaan hari besar dan hari raya Islam, mereka akan dijadikan pengayom bagi masyarakat.

"Jika bisa, Karang Taruna ini menyewa lahan untuk bercocok tanam, hasilnya bisa digunakan untuk organisasi dan penghasilan juga bagi anggota-anggotanya," kata Suhaya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -