Sidomuncul Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis di BKMM

KARAWANG, KarawangNews.com - Sebanyak 220 warga dari Kabupaten Karawang, Purwakarta dan Subang mendapatkan pengobatan katarak gratis di Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Cikampek, Kamis (13/10/2016) siang. Pengobatan ini didanai dari pemerintah dan sponsor Sidomuncul.

Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Dr. Eka Viora SpKj mengatakan, pengobatan ini bertepatan Peringatan Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) dan Hari Kesehatan Nasional. Peringatan ini tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah penglihatan.

"Mayoritas negara-negara miskin penduduknya mengalami katarak, termasuk Indonesia. Namun, Indonesia mampu menekan hal itu, seiring mulai naiknya taraf ekonomi penduduk," kata Eka.

Dijelaskan Eka, katarak merupakan proses penuaan yang disebabkan oleh usia, jumlah penderita katarak ini akan bertambah, semakin bertambah warga lanjut usia. Tak hanya manula, katarak pun bisa diderita orang sejak dia bayi, akibat kekurangan gizi.

Direktur Utama PT. Sidomuncul, Irwan Hidayat mengatakan di sela kegiatan operasi katarak, perusahaannya telah melakukan operasi katarak tanpa biaya bagi masyarakat miskin ini sejak tahun 2011 hingga sekarang. Pihaknya terus komitmen menyembuhkan masyarakat kurang mampu dari kebutaan.

Kata Irwan, operasi katarak di BKMM Cikampek ini berjumlah 220, sebanyak 170 pasien dibiayai BKMM dan perusahaan Sidomuncul 50 pasien.

"Saya bersama siapa saja yang mau ikut program ini akan terus menjalankan operasi katarak ini, meski ada program BPJS," kata Irwan. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -