Nelayan Ciparage Gelar Nadran Laut

KARAWANG, KarawangNews.com - Ratusan nelayan serta warga di Desa Ciparage Jaya, Kecamatan Tempuran menggelar puncak nadran laut, Minggu (9/10/2016) siang, ritual ruwatan laut ini dilaksanakan 7 hari 7 malam, 7-13 Oktober 2016 dengan beragam pesta rakyat.

Di acara puncak pesta ini, puluhan perahu nelayan dihias dan mengarak sesajen ke tengah laut, diantaranya makanan, minuman juga kepal kerbau.

Ketua panitia yang juga anggota DPRD Karawang, Budianto  mengatakan, tradisi yang sudah turun temurun dilakukan para nelayan ini dipercaya akan menjadi berkah. Dari acara syukuran ini para nelayan berharap diberikan rejeki berupa tangkapan ikan yang lebih banyak dibanding sebelumnya.

"Dengan tradisi ini para nelayan berharap hasil tangkapan ikan  lebih melimpah," kata dia, di sela acara pesta laut ini.

Kades Ciparagejaya, Kabun S.Pdi menambahkan, selain melempar sesajen kepala kerbau ke tengah laut, nadran ini pun diisi kegiatan sosial, diantaranya santunan untuk 360 anak yatim, itsbat nikah massal sebanyak 25 pasangan dan sunatan masal sebanyak 25 anak.

"Semuanya diambil dari masyarakat Ciparagejaya," kata Kabun.

Sedangkan hiburannya pagelaran wayang kulit, panjat pinang, tarling dangdut, sandiwara, sintren dan pesta kembang api satu jam penuh. Semuanya dipusatkan langsung di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) KPPL Ciparagejaya.

Ia berharap dengan kegiatan pesta ini, para nelayan bisa semakin bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas limpahan hasil laut yang menjadi sumber kesejahteraan, karena Ciparagejaya merupakan TPI terbesar di Karawang, penyumbang 50 persen terbanyak retribusi perikanan di Kabupaten Karawang.

Nadran laut ini dihadiri Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, jajaran Muspida dan Muspika setempat. Tak hanya warga Ciparage, pesta laut ini ditonton warga luar daerah, bahkan turis asing. (rls/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -