APEK Fasilitasi Perusahaan Dapatkan ISO 9001-2008

KARAWANG, KarawangNews.com - Asosiasi Pengusaha Engineering Karawang (APEK) memfasilitasi pelatihan bagi enam perusahaan manufaktur dengan pihak Kementerian Koperasi dan Usaha Makro, Kecil dan Menengah, untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001-2008. Sertifikasi bagi perusahaan engineering, ini dilakukan di Sekretariat APEK di Jalan Alternatif Krajan II Warung Bambu, Karawang.

Sekretaris Umum APEK, Tri Juniarto mengatakan, APEK memiliki visi untuk meningkatkan mutu dan level yang lebih tinggi bagi perusahaan yang tergabung dengan APEK. Tri Juniarto juga menjelaskan, di era globalisasi saat ini, tuntutan pasar semakin meningkat dan tingkat persaingan semakin ketat.

Untuk itu, perusahaan dituntut untuk beroperasi lebih efektif dan efisien untuk menghasilkan produk bermutu tinggi secara konsisten. Perusahaan yang mampu memenuhi tuntutan-tuntutan ini akan dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan global.

"Salah satu cara untuk menjadi perusahaan yang kompetitif adalah dengan mengikuti sistem manajemen mutu yang disarankan dalam standar ISO 9001:2008," kata dia, Sabtu (8/10/2016).

Selain itu, kondisi ekonomi yang belum stabil serta pasar yang lesu, menjadi alasan lain perusahaan manufaktur yang tergabung dengan APEK untuk mengikuti sertifikasi ini. Karena, sertifikat ISO 9001:2008 ini memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Diantaranya adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Lalu, dapat meningkatkan citra dan daya saing perusahaan, juga meningkatkan peluang untuk masuk pasar global, meningkatkan performa organisasi (produktivitas, efisiensi dan efektivitas operasional), meningkatkan moral karyawan melalui sistem kerja yang baik dan konsisten.

"Juga memberikan rekomendasi terhadap perbaikan sistem organisasi secara kontinyu," jelas Tri Juniarto.

Ketua APEK, Rahmat Wiguna mengatakan, keenam perusahaan yang mengikuti sertifikasi ISO 9001:2008 adalah PT. Surya Gemilang Engineering, CV Surya Utama Gemilang, PT. Sukma Utama Gemilang, PT. Sukma Guna Teknindo, PT. Cahaya Mekanindo Perkasa, PT. Mitramas Muda Mandiri dan terakhir PT. Alfiyasatama Makmur Sejahtera.

Selain itu, dua perusahaan yakni PT. Tri Jaya Teknik Karawang dan CV. Indra Jaya Las mengajukan hak design industri.

"Sebelumnya sudah tiga perusahaan sudah tersertifikasi yakni PT. Cipta Unggul Karya Abadi, PT. Rekayasa Putra Mandiri dan PT. Tri Karsa Upayasa," ujarnya. (yun)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -