Wabup Jimmy Instruksikan Camat Maksimalkan Produksi Pertanian

KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari (Jimmy) mengintruksikan camat, kepala desa, lurah dan penyuluh pertanian memaksimalkan hasil produksi pertanian. Bagi daerah yang masih terdapat sisa tanaman padi atau standing crop musim tanam tahun ini, agar diamankan dari gangguan banjir dan kekeringan.

Selain itu, bagi daerah kecamatan golongan air I dan II yang telah panen, agar segera melaksanakan tanam musim tanam 2016-2017, itu diawali gerakan pemeliharaan saluran air irigasi tersier di tingkat usaha tani dan saluran drainase pembuangan air secara gotong-royong dan partisipasi.

"Gunakan alat mesin tanam atau 'trans planter' yang sudah tersedia di masing-masing kecamatan yang di kelola oleh kelompok tani," jelasnya, kepada para petani di acara panen raya padi dan kedelai, di Kelompok Tani Sumberjaya, Desa Cilewo, Kecamatan Telagasari, Kamis (22/9/2016).

Dia menjelaskan, sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional. Peranan sektor pertanian bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap  perkembangan perekonomian petani, juga pendapatan daerah, termasuk penyerapan tenaga kerja.

Kata dia, pembangunan bidang pertanian merupakan salah satu prioritas yang dilaksanakan di Kabupaten Karawang dalam upaya peningkatan produksi padi melalui penerapan teknologi pertanian, diantaranya penggunaan varietas unggul, pemupukan berimbang, penggunaan bahan organik, pelaksanaan tanam serempak sesuai wilayah tanam,  pengendalian organisme pengganggu tanaman secara bijaksana, juga penerapan teknologi panen dan pasca panen.

Untuk itu, sambung Jimmy, upaya meningkatkan produksi padi dan produkvitas lahan pertanian di kabupaten perlu dilakukan dengan meningkatkan penerapan teknologi intensifikasi padi seperti penggunaan varietas unggul baru, benih bermutu, teknologi PTT dengan cara tanam jajar legowo dengan mengedepankan budidaya tanaman sehat dan kearifan lokal secara holistik dan berkelanjutan. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -