Perkuat Agama, Disdik Gelar Manasik Haji Cilik

KARAWANG, KarawangNews.com - Manasik haji cilik yang diikuti ribuan anak-anak PAUD dan TK se-Kabupaten Karawang merupakan manifestasi generasi bangsa 10-20 tahun mendatang, ketika para generasi muda ini mampu mengaplikasikan wawasan Islaminya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai generasi yang berakhlak mulia.

Hal ini jelaskan Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, dalam pidatonya di acara manasik haji anak-anak PAUD dan TK yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, kerjasama dengan Himpaudi dan IGTKI, di Lapang Karangpawitan, Selasa (27/9/2016) siang.

"Ini terobosan yang luar biasa, jika hari ini (manasik haji cilik, red) bisa menempatkan anak-anak PAUD-TK pada wawasan yang Islami, maka kedepannya ini menjadi generasi terbaik bangsa. Sehingga, kerja keras kita pada hari ini bukan untuk 1-2 tahun ke depan tetapi 10-20 tahun ke depan," kata Cellica, di hadapan guru PAUD-TK dan para orangtua anak-anak PAUD-TK yang hadir di acara itu.

Bupati mengungkapkan apresiasinya kepada guru PAUD-TK dan orang tua yang selalu berupaya mendidik anak-anak ini menjadi generasi yang cerdas di masa mendatang. Meski tak dipungkiri, perkembangan zaman dan penyalahgunaan teknologi saat ini menggiring anak-anak ke hal-hal negatif, jika tidak ada proteksi khusus dari orangtua dan lembaga pendidikan.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Karawang, Drs. Dadan Sugardan menjelaskan, manasik haji tahunan ini diselenggarakan untuk pengembangan karakter bagi anak-anak, sebab anak-anak seperti kertas putih yang diberi tinta. Maka, menjadi kewajiban bagi tenaga pendidik dan orangtua untuk membentuk karakter anak.

"Di masa keemasan ini Himpaudi memberikan muatan cukup baik, untuk membangun karakter. Diharapkan, Karawang kedepan memiliki anak-anak yang handal dan berwawasan Islami," ujarnya.

Di tempat sama, Ketua Himpaudi Karawang, Devi Sulaeman, M.Pd, dan Ketua IGTKI, Enen Durotul Musminah menyatakan, apresiasi kepada pemerintah daerah, terutama Bunda PAUD Karawang, Cellica Nurrachadiana, yang telah memfasilitasi terselenggaranya acara manasik haji ini dan berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang Islami.

Tercatat, peserta manasik haji cilik di Lapang Karangpawitan ini sebanyak 8.165 anak-anak PAUD dan TK se-wilayah Karawang Barat dan Karawang Timur. Beberapa hari sebelumnya, masih di bulan September 2016 ini, PAUD dan TK di tiga wilayah lainnya telah melaksanakan manasik haji, seperti Rengasdengklok, Telagasari dan Cikampek.

Manasik yang dilaksanakan di Lapang Karangpawitan ini diikuti anak-anak PAUD-TK usia 5-6 tahun, acara dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB yang dibagi menjadi 4 kloter. Kloter 1 yaitu Karawang Barat dan Karawang Timur, Kloter 2 Telukjambe Barat dan Telukjambe Timur, Kloter 3 Ciampel dan Klari, kemudian Kloter 4 dari Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru.

Sedangkan PAUD dan TK se-wilayah Rengasdengklok telah melaksanakan manasik haji cilik dengan jumlah peserta sebanyak 5.000 anak, kemudian di Telagasari sebanyak 4.800 anak dan Cikampek sebanyak 5.203 anak, sedangkan wilayah Karawang sebanyak 8.165 anak. Total peserta manasik haji seluruhnya mencapai 24 ribu anak, jumlah ini bertambah dibanding tahun 2015 lalu sebanyak 20 ribu anak. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -