Pengosongan Lahan Pertiwi Lestari Berjalan Lancar

KARAWANG, KarawangNews.com  - Pengosongan lahan PT Pertiwi Lestari yang sempat dijadikan tempat bermukim dan garapan oleh warga Desa Wanajaya, Margamulya dan Margakaya berjalan lancar. Proses pengosongan lahan yang masih berlangsung sejak 29 Agustus 2016  hingga (5/9) diperkirakan sudah berjalan 70%.

Humas PT PL, Agus Rijanto mengatakan,  pihaknya bersyukur proses pengosongan lahan berlangsung lancar dan kondusif. Bahkan, warga yang dibantu oleh PT PL pun sangat antusias dalam proses pembongkaran rumahnya masing - masing.

"Kami merasa apa yang dilakukan oleh warga itu karena kami berlakukan mereka cukup adil. Serta dilayani dengan baik dan manusiawi," katanya, Minggu (5/9/2016).

Dijelaskan, proses pengosongan lahan tersebut juga dilakukan secara gotong royong oleh semua pihak. Bahkan, dalam proses pembongkarannya dilakukan dengan sangat hati-hati mengingat material rumah akan digunakan kembali oleh sebagian warga.

"Pada prinsipnya PL menginginkan masyarakat asli dan warga sekitar bisa sejahtera dengan keberadaan PL, sehingga PL mengajak semua pihak untuk mewujudkannya dan bukan justru mempekeruh keadaan," ujarnya.

Lanjutnya, PT Pertiwi Lestari juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepala Desa Wanajaya, Margamulya dan Margakaya, atas bantuan dan partisipasi selama proses pengosongan lahan.

Sementara itu, Kepala Desa Wanajaya, Emin Sarifudin mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan 39 rumah yang nantinya akan digunakan pada warga yang direlokasi PT Pertiwi Lestari, diakuinnya hingga kini dari jumlah tersebut, sebanyak 29 rumah sudah dipesan warga.

Sementara itu, untuk warga yang telah membongkar rumahnya, pihaknya mengakui jika hingga kini jumlah warga yang melakukan pembongkaran terus bertambah.

"Kami tidak akan membiarkan warga kami tidak memiliki termpat tinggal, maka dari itu, kami mengupayakan semaksimal mungkin untuk bisa membantu warga dengan menyediakan lahan dan memfasilitasi kebutuhan bagi warga yang direlokasi. Sedang untuk jumlah warga yang telah mengosongkan rumahnya, kami masih belum terima data updatenya, namun antusias warga untuk mendaftar dan membongkar rumahnya terus bertambah," terangnya.

Selain itu, diluar jumlah rumah yang telah disediakan, pihaknya juga akan mengupayakan warga Wanajaya untuk bisa mendapatkan tempat tinggal, meski berada di wilayah lain, dengan berbekal uang tali asih yang diberikan PT. Pertiwi Lestari, pihaknya berharap kepada warga Wanajaya khususnya untuk bisa memanfaatkan uang tersebut guna mencari tempat tinggal yang resmi.

"Yang jelas kami akan membantu mencarikan tempat tinggal, meski berada di wilayah lain, setidaknya kami akan memfasilitasinya, kami tidak mau, warga kami nantinya tidak memiliki rumah," ungkapnya.

Tidak berbeda jauh dengan yang disampaikan Kades Wanajaya, Kades Margakaya, Engkos juga akan membantu warganya yang mendapatkan tali asih dari PT. Pertiwi Lestari. Sebanyak 30 rumah akan disiapkan guna membantu warga Margakaya yang direlokasi, hal itu sebagai bentuk upaya guna memberikan bantuan rumah terhadap warganya.

"Dari total jumlah rumah yang mencapai 120 di Desa Margakaya, kami baru bisa membantu 30 rumah yang nantinya akan digunakan warga yang direlokasi, namun untuk selebihnya, kami akan memfasilitasi, guna menemukan rumah yang sesuai dengan uang tali asih tersebut," ujarnya. (neo)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -