Kobarkan Semangat Pelajar dan Mahasiswa, IMAKA Gelar Seminar Motivasi

Ricky dan Seia.
KARAWANG, KarawangNews.com - Sebanyak 700 mahasiswa dan pelajar se-Kabupaten Karawang mengikuti seminar motivasi nasional dengan narasumber Syafii Efendi, Jumat (16/9/2016) siang hingga sore di Aula Husni Hamid, Pemda Karawang. Anak didik Mario Teguh dan motivator termuda se-Indonesia ini memberi inspirasi sukses muda sebelum menikah.

Dalam acara ini, Syafii menjajak mahasiswa dan pelajar agar fokus berkarya, mengembangkan potensi dirinya dan sukses di usia muda, sebelum menikah. Dijelaskannya, pada usia 22-26 tahun, para pria lulusan-lulusan sekolah ini sedikitnya harus punya uang Rp 1 milyar, sebagai persiapan melepas masa lajang di usia 27 tahun.

"Uang itu untuk biaya nikah, beli rumah, beli mobil dan motor. Jadi, untuk para perempuan pilihlah pria yang kaya. Kaya harta dan kaya hatinya," paparnya.

Selain itu, Syafii menjajak peserta seminar untuk memperhatikan kondisi orang tua mereka di masa tuanya, dengan tidak membiarkan orang tua mereka berlelah-lelah bekerja, melainkan harus mendapat fasilitas dari anak-anaknya, memberi kesempatan agar para orang tua ini khusyu beribadah.

Dengan begitu, mulai saat ini para lulusan sekolah dan kuliah harus mampu menciptakan dirinya menjadi manusia yang punya kemapuan lebih, agar bisa mempersiapkan segalanya, sebelum usia terus beranjak dewasa, yaitu dengan kecerdasan pengetahuan dan kemampuan berwirausaha.

"Mulai saat ini, putuskan pacar-pacar kalian, fokus meraih prestasi dan sukses, baru kemudian menikah, karena pacaran tidak akan membuat diri kita kaya, malah uang banyak dihabiskan untuk pacaran," tegasnya.

Seminar kewirausahaan dan pemuda mandiri ini memaparkan beberapa materi, diantaranya mengenai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan dampaknya di Indonesia dan peran pemudanya, kemudian teknik membangun relasi di MEA, 4 tipe manusia menurut uang dan waktu yang dimilikinya, meningkatkan kekuatan ibadah menuju sukses, termasuk berpikir strategis di usia muda.

Di sela acara ini, panitia penyelenggara, Ketua Majelis Pembina Ikatan Mahasiswa Karawang, Ricky Sofiyan menjelaskan, seminar ini kerjasama Majelis Pembina Ikatan Mahasiswa Karawang dengan Indonesia Enterpreneur Club untuk menjawab kegelisahan para pemuda-pemudi saat ini, terutama menghadapi tantangan usai lulus kuliah dan sekolah.

"Sebab, ada yang salah arah pembangunan manusianya, saat ini  lulusan SMA dan SMK juga di kampus kebanyakan diproyeksikan jadi pekerja, ini desain yang tidak jelas. Makanya, acara ini untuk memotivasi pola pikir pelajar dan mahasiswa agar berubah, paradigma lulus sekolah bukan bekerja, tetapi membuka lapangan kerja," ucapnya.

Diakuinya, antusias pelajar dan mahasiswa sangat besar, mereka ingin tahu tentang motivasi yang dibedah narasumber. Acara seminar motivasi seperti ini, kata Ricky, tentu akan terus dilaksanakan di bulan berikutnya, agar menjadi pencerah bagi lulusan-lulusan sekolah dan kuliah menghadapi tentangan masa depan mereka.

"Saya juga berharap, Pemerintah Kabupaten Karawang menginventarisir semangat generasi Karawang saat ini, yaitu dengan memfasilitasi usaha bagi mahasiswa," imbuhnya.

Di tempat sama, Presiden Ikatan Mahasiswa Karawang (IMAKA), Seia Piantara menyatakan, seminar ini gagasan IMAKA yang  punya program ekonomi, yaitu masyarakat bisa mandiri dan inovatif membangun usaha, sebab hari ini masih sangat minim dan kurang dukungan fasilitas infrastruktur juga informasi dan sosialisasi tentang program ekonomi kerakyatan.

"Melalui acara ini, Imaka ingin memperlihatkan, 700 peserta yang hadir ini memang punya keinginan membangun usaha, mereka punya semangat yang harus terus dimotivasi," ungkapnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -