Kirab Api PON XIX Jabar Menempuh 1.005 Km

KARAWANG, KarawangNews.com - Kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) mulai keliling ke 27 kota dan kabupaten sejauh 1.005,4 Km 5-17 September 2016, api abadi diambil dari Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Indramayu, Senin (5/9/2016). Api PON kemudian diarak sejauh 11 Km menuju pendopo Kabupaten Indramayu.

Rute kirab api PON dimulai dari Kabupaten Indramayu, api PON kemudian dibawa ke Kantor Bupati Cirebon, lalu ke balai kota Cirebon, di kota udang ini api PON disemayamkan sehari. Kemudian Selasa (6/9/2016) kirab dilanjutkan ke pendopo Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan disemayamkan di pendopo Kabupaten Ciamis.

Rabu (7/9/2016), api PON akan dikirabkan menuju pendopo Banjar dan disemayamkan di kabupaten termuda Jawa Barat, yaitu di pendopo Kabupaten Pangandaran. Kamis (8/9/2016), iring-iringan obor api PON multieven olahraga terbesar di Indonesia ini menuju alun-alun Tasikmalaya, kemudian singgah di pendopo Kabupaten Garut. Di kota dodol ini api PON diinapkan.

Jumat (9/9/2016), api PON singgah di Kantor Bupati Subang, kemudian parade api sebelum singgah semalam di Kabupaten Purwakarta. Pada Sabtu (10/9/2016) kirab berlanjut menuju Lapangan Karangpawitan Kabupaten Karawang, kemudian singgah di Kabupaten Bekasi dan balai Kota Bekasi.

Beterpatan dengan Hari Raya Idul Adha, maka api PON disemayamkan di Kota Bekasi hingga 12 September. Kemudian Selasa (13/9/2016) api PON menuju balai Kota Depok, lalu menuju Bogor dan disemayamkan di kota hujan ini.

Selanjutnya Rabu (14/9/2016) api PON melintasi alun-alun Kabupaten Sukabumi dan Lapangan Merdeka Kota Sukabumi sebelum singgah semalam di pendopo Kabupaten Cianjur. Tiga wilayah metro Bandung giliran disambangi kirab pada Kamis (15/9/2016) melalui Kantor Bupati Bandung Barat, pendopo Kota Cimahi dan lapangan Upakarti Kabupaten Bandung.

Pada Jumat (16/9/2016) api PON akan diarak menuju Balai Kota Bandung, hari itu juga iring-iringan langsung menuju Gedung Sate. Di pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat ini api PON disemayamkan untuk kali terakhir. Kemudian Sabtu (17/9/2016) kirab api PON diberangkatkan menuju tempat upacara pembukaan PON XIX Tahun 2016 di Jawa Barat, yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -