Karawang Tuan Rumah Deklarasi Pemagangan Nasional

KARAWANG, KarawangNews.com - Kabupaten Karawang akan menjadi tuan rumah deklarasi pemagangan tingkat nasional, rencananya dilaksanakan September 2016 ini, tetapi tanggalnya masih tentatif.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, H. A. Suroto, Jumat (2/9/2016) menjelaskan, alasan Karawang menjadi tuan rumah karena Karawang ini diketahui sebagai daerah berbasis industri manufaktur.

Diperkirakan, sebanyak 5.000 peserta lulusan sekolah dan pencari kerja akan mengikuti magang di sekitar 200 perusahaan yang ada di beberapa kawasan industri Kabupaten Karawang. Dari jumlah itu, setiap pabriknya akan diikuti sebanyak 25 orang.

Pemagangan ini melibatkan Badan Sertifikasi Profesi Nasional (BSPN) yang akan melakukan uji kompetensi, diantaranya
psikotest, usia dan ketinggian tubuh peserta.

"Ini untuk bisa menyerap tenaga kerja, meski hanya bersifat pelatihan. Ini solusi untuk mengurangi angka pengangguran, para pemagang ini bisa masuk kerja tanpa test," kata Suroto.

Dia menyebutkan, pada pelaksanaannya, pilot project pemagangan nasional ini adalah Kabupaten Bekasi dan Karawang, melalui pemagangan ini perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja yang terampil. Di pemagangan ini juga dilakukan pelatihan mental, fisik dan disiplin. (spn)

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()