Aktivis Tani Tuding Bupati Bela Pengusaha

KARAWANG, KarawangNews.com - Di Hari Tani Nasional, Senin (26/9/2016) siang, ratusan massa yang tergabung dalam 10 lembaga kemasyarakatan menggelar aksi unjuk rasa ke kantor Bupati Karawang. Para demonstran ini menuding bupati Cellica Nurrachadiana cenderung berpihak kepada pengusaha yang telah merebut lahan pertanian dan hutan di Karawang.

"Lahan pertanian dan hutan di Karawang saat ini sudah banyak berubah fungsi menjadi lahan industri," kata koordinator aksi, Dadi Mulyadi.

10 lembaga demonstran ini diantaranya  Serikat Tani Karawang, Serikat Petani Karawang, GMNI, Repdem, BM PAN, Serbuk, FSPK, Oi, Sakti juga STTB, mereka secara bergantian melakukan orasi di depan gerbang kantor bupati dengan penjagaan ketat aparat polisi.

Ditegaskan Dadi, keberpihakan bupati terhadap pengusaha bisa dilihat dari masalah perizinan. Misalnya keluarnya izin IMB untuk PT. Pertiwi Lestari dan juga izin prinsip yang diberikan kepada PT. Buana Makmur Indonesia (BMI) anak perusahaan Agung Podomoro yang terkesan begitu mudah dan cepat diterbitkan oleh Pemkab Karawang. Padahal lahan tersebut masih dalam sengketa dengan masyarakat.

"Kami meminta hak tanah petani, juga meminta agar pemerintah membangun infrastruktur, usaha tani, modal, tehnologi modern dan akses pasar, membangun industrialisasi pertanian dan menghentikan praktek union busting," jelasnya. (spn/*)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -