Pemkab Target Perbaiki Jalan 1.000 Km Selama 3 Tahun

KARAWANG, KarawangNews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang targetkan 1.000 kilometer jalan selesai dibangun dalam jangka waktu 3 tahun. Untuk memuluskan hal tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Ahmad Zamakhsyari atau Jimmy secara khusus memberikan arahan kepada para pejabat Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP), Kamis (14/7/2016).

Menurut Jimmy, besarnya dana yang digelontorkan pemerintah untuk pembangunan desa, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah perlu disinergiskan. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih program pembangunan oleh pemerintah desa dan daerah.

"Anggaran Rp 1 milyar per tahun untuk desa, juga mencakup pembangunan infrastruktur. Maka perlu dievaluasi dan rencanakan dengan baik oleh DBMP, agar ada pemerataan pembangunan," kata Jimmy di Ruang Rapat Kepala DBMP Karawang, Jalan Kertabumi, Kelurahan Karawang Kulon Kecamatan Karawang Barat.

Menurutnya, pembangunan jalan setapak (japak) dan jalan lingkungan (jaling) kedepannya bisa diambil alih oleh pemerintah desa. Dimana aspirasi masyarakat yang masuk melalui anggota dewan untuk hal tersebut, bisa diarahkan melalui program dana desa tersebut.

"Jadi pemkab bisa lebih fokus untuk pembangunan jalan kecamatan dan kabupaten. Serta pembenahan infrastruktur pengairan yang selama ini belum tertata secara maksimal," kata Jimmy.

Wabup menegaskan, dia bersama Bupati Cellica Nurrachadiana akan mendorong alokasi dana sebesar Rp 550 milyar untuk infrastuktur jalan dan pengairan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), melalui pembahasan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang.

"Itu di luar Dana Alokasi Khusus (DAK) dan bantuan pemerintah provinsi (Pemprov) lainnya. Jadi murni dari APBD Karawang, Rp 400 miliar untuk jalan, dan Rp 150 milyar untuk infrastruktur pengairan, pembuatan jembatan, dan biaya perawatan yang masing-masing sebesar Rp 50 milyar," ungkapnya.

Jimmy meyakini, jika program ini mampu dijalan dengan baik, maka di tahun 2019 Pemkab Karawang bisa mencapai target yang dicanangkan, yakni pembangunan jalan sepanjang 1000 kilometer tersebut.

Diketahui, kebutuhan anggaran untuk pembangunan dan perwatan infrastruktur jalan dan pengairan di Kabupaten Karawang setiap tahunnya mencapai Rp 650 milyar. Dengan rincian Rp 400 milyar untuk jalan, pengairan Rp 150 milyar, jembatan Rp 50 milyar, pemeliharaan Rp 50 milyar.

"Rp 400 milyar itu di luar aspirasi dewan, khusus untuk penyelesaian jalan-jalan yang menjadi tangggung jawab pemkab," ungkap Yadi Mulyadi, Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan DBMP Karawang. (pwk)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -