Kemenag Bantah Persulit Pemberangkatan Calon Haji

KARAWANG, KarawangNews.com - Rabu (27/7/2016) siang, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karawang digeruduk aktivis yang menuntut seorang calon haji asal Batujaya, Naif (88) segera diberangkatkan ke tanah suci Mekah, para aktivis ini berorasi sebelum akhirnya dialog dengan pihak Kemenag.

Seorang pendemo, Rosi menyatakan, Kemenag mempersulit calon haji, dia meminta agar Naif bisa diberangkatkan tahun ini, sebab sejak mendaftar tahun 2013, Naif belum diberangkatkan naik haji.

Menjawab hal itu, Kepala Kemenag Karawang, H. Sopian menjelaskan, Naif masuk daftar tunggu haji dan jadwal keberangkatannya tahun 2025. Setiap tahun, Kemenag Karawang rutin mengajukan ke Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat yang diteruskan ke Dirjen Haji Kementerian Agama di Jakarta agar mendahulukan orang lanjut usia ke tanah suci, meski tahun keberangkatannya masih lama.

"Saat ini tercatat, ada 58 orang lanjut usia yang mengantri naik haji, mereka kita usulkan ke Dirjen Haji setiap tahun, agar keberangkatannya bisa disegerakan, sedangkan untuk Naif ditolak Dirjen Haji berangkat tahun ini," jelasnya.

Dia menegaskan, keberangkatan bagi calon haji orang lanjut usia bukan kewenangan Kemenag kabupaten, melainkan dari kabupaten diusulkan ke Kanwil provinsi dan dari Kanwil diusulkan lagi ke Dirjen Haji, sehingga keputusannya ada di Dirjen Haji. 

Kemenag kabupaten tidak bisa semena-mena memberangkatkan calon haji tanpa persetujuan Dirjen Haji, ini sudah diatur, sebab saat ini jumlah calon haji menumpuk, bahkan pemberangkatannya ada yang antri hingga 10 tahun ke depan.

"Kami tidak pernah mempersulit calon haji, semuanya dilakukan sesuai prosedur. Naif dijadwalkan berangkat tahun 2025 dan kita pun sudah usulkan agar Naif dipercepat pemberangkatannya. Usulan ini tidak hanya Naif, semua yang lanjut usia kita usulkan, tetapi nama Naif belum keluar tahun ini," jelas H. Sopian. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -