Karawang Akan Contoh Bandung, Pelayanan Perizinan Pakai Gadget

BANDUNG, KarawangNews.com - Karawang ingin mencontoh Bandung terkait pelayanan terpadu satu pintu, melalui aplikasi gadget yang bisa diunduh melalui app store dan google play. Aplikasi ini dimungkinkan meminimalisir praktek percaloan dalam proses perizinan.

Di hari pertama kerja usai liburan Idul Fitri, Senin (11/7/2016) siang, anggota Pansus Raperda PPTSP DPRD Kabupaten Karawang melakukan kunjungan kerja dalam rangka studi banding penetapan rancangan peraturan daerah (Raperda) pelayanan terpadu satu pintu ke Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung dan Biro Hukum dan HAM Pemprov Jawa Barat.

"Diharapkan, nanti penyelenggaraan pelayanan terpadu bisa dilakukan secara online," kata anggota Komisi A DPRD Karawang, Indriyani ST, di sela kunjungan tersebut.

Diakuinya, Kota Bandung sudah lebih dahulu menggunakan gadget untuk pelayanan perizinan di BPPT melalui aplikasi Gampil (G) dan Karawang ingin menerapkan proses penyelenggaraan pelayanan perijinan secara terpadu seperti yang dilakukan Pemkot Bandung ini.

"Salah satunya penyediaan infrastruktur pelayanan yang memadai serta penerapan pelayanan berbasis IT melalui aplikasi gadget. Aplikasi ini bisa lebih mempermudah pemohon dalam melakukan proses perijinan dan bisa mengurangi praktek percaloan," paparnya.

Kata Indri, Raperda ini akan menjadi payung hukum proses penyelenggaraan pelayanan perijinan di Kabupaten Karawang, juga diharapkan Raperda ini bisa mengakomodir para kaum difabel dalam proses pengajuan permohonan perijinan.

"Sehingga bisa berkorelasi dengan Perda penyelenggaraan pelayanan publik yang baru disahkan," ucapnya.

Kunjungan kerja DPRD Karawang ini diterima langsung Kabid Tata Usaha BPPT, Dharmawan dan Kabid Perizinan, Bambang Suhari. Juga Kasubag Fasilitasi Wilayah 1 Biro Hukum dan HAM Pemprov Jawa Barat, Aam Amzad, SH, M.Si dan Kabag Dok dan Penyuluhan Hukum, Hj. Rosmah Dewi Asmarani, SH, MH. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -