Banjir Rob Terjang Pemukiman di Cemarajaya

KARAWANG, KarawangNews.com  - Banjir rob disertai badai setinggi 3 meter menerjang  rumah warga di sepanjang pantai Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, rob ini terjadi setiap petang hingga malam sejak Kamis (28/7/2016). Akibatnya ratusan rumah rusak bahkan puluhan rumah lainnya roboh disapu air laut. Sedikitnya 1.000 kepala keluarga mengungsi di rumah keluarga atau tetangga terdekat.

Menurut Ketua Forum  Pesisir Pantai Utara Karawang, Wano Suki, Sabtu (30/7/2016) mengatakan, sudah 3 hari ini warga yang bermukim di pesisir pantai Karawang diterjang banjir rob. Namun kondisi paling parah terjadi pada Sabtu ini dini hari hingga subuh.

"Ketinggian air laut mencapai 3 meter dan langsung merobohkan rumah warga. Rob ini terjadi musiman, tetapi ini yang paling parah," katanya.

Wano Suki menceritakan, selama 3 malam warga terpaksa  begadang untuk menjaga rumahnya.  Sebab banjir yang disebabkan akibat air laut yang naik ini terjadi disertai angin kencang, air langsung menerjang dan merendam rumah warga. Namun dini hari tadi tambah kencang, hingga banyak rumah roboh.

Kata dia, sudah bertahun-tahun Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya tidak memiliki garis sepadan pantai, sehingga gelombang ombak langsung menerjang pemukiman setempat.
Sementara itu, Ketua DPRD Karawang, Toto Suripto, yang datang ke lokasi bencana bersama aktivis lingkungan menyesalkan pemerintah daerah tidak gesit membantu warga yang terkena bencana.

Dikatakan Toto, pemerintah harus segera memberikan bantuan kepada warga yang saat ini sudah mengungsi. Tak hanya itu,  musibah banjir rob ini harus ditetapkan sebagai daruat bencana.
"Pemerintah harus bertindak cepat dan segera menolong warga yang terkena musibah" katanya.

Menurut Toto, kedepan pemerintah harus segera membangun tanggul sepanjang penahan ombang di sepanjang pesisir terutama di Desa Cemarajaya yang paling parah terkena bencana.

Toto Suripto datang ke lokasi bencana ini didampingi pengacara Asep Agustian dan Ketua LSM Lodaya, Nace Permana. Di tempat lokasi, ketiganya memberikan bantuan logistik makanan dan selimut untuk korban banjir rob. (spn/nl)
Bagikan berita ini :
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

4 September 2016 23.33

Coba lah tengok jalan seukasari biar jadi pertimbangan bupati karawang..!!!

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -