Bupati dan Komisi IV DPR RI Pantau Harga Sembako

KARAWANG, KarawangNews.com - Bupati Karawang dr. Cellica Nurachadiana bersama Komisi IV DPR RI yang dipimpin oleh Edhy Prabowo, MM, MBA didampingi Kementan Karawang, Dinas Pertanian, Badan POM, Dinas Kesehatan, Bulog dan BKP mengadakan kunjungan kerja ke Pasar Johar Karawang, dalam rangka memantau harga sejumlah barang pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Senin (20/6/2016) siang.

Pada kunjungan kerja tersebut, rombongan mengunjungi beberapa lapak pedagang, mulai dari pedagang beras, bahan pangan, sayuran dan kios daging. Dari hasil pantauan tersebut diketahui, terdapat kenaikan harga di beberapa barang tertentu seperti harga daging ayam, daging sapi termasuk ikan.

Dalam kunjungan tersebut diketahui, harga daging ikan mengalami kenaikan sekitar 10% hingga 20%, sedangkan untuk daging sapi lokal kisaran Rp 120.000 hingga Rp 130.000 per kilogram dan untuk harga ayam broiler Rp 26.000 per kilogram.

Untuk harga beras, berada di kisaran Rp 9.800 per kilogramnya dengan kualitas medium, harga kacang tanah dikisaran Rp 26.000 per kilogram.

Selain terjadi kenaikan harga d sejumlah barang, terjadi pula penurunan harga untuk harga sayuran seperti cabe dan bawang merah. Harga cabe rawit merah yang sebelumnya Rp 18.000 per kilogram, kini turun di kisaran Rp15.000 per kilogram. Harga bawang merah yang sebelumnya Rp 27.000 per kilogram sekarang turun menjadi Rp 26.000 per kilogram.

Dari pantauan tersebut juga ditemukan beberapa barang yang teridentifikasi mengandung bahan aktif seperti formalin dan borak yang terdapat di mie curah dan kikil sapi. Petugas dari badan POM pun telah mengambil sampel dari bahan makanan yang mengandung bahan aktif tersebut, guna dilakukan penelitian lebih lanjut.

Kunjungan ini diakhiri dengan pemberian plakat kepada dr. Cellica Nurrachadiana sebagai wujud apresiasi dari Komisi IV DPR RI atas diadakanya program lahan pangan berkelanjutan, yang menurut Edhy Purabowo dapat bersinergi dengan baik.

Selain itu, Edhy Prabowo menyampaikan usulannya, atas nama komisi IV DPR RI, dr. Celica Nurrachadiana agar membuat sebuah badan litbang khusus beras yang gunanya sebagai badan pengawas alur beras yang ada di Kabupaten Karawang. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -