Assolahiyah Dirikan PAUD Al Firdaus di Muktijaya

KARAWANG, KarawangNews.com - Yayasan Assolahiyah kembali mendirikan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Firdaus di atas lahan seluas 835 meter persegi, di Kampung Kopo Barat, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Rabu (1/6/2016) siang. Gedung PAUD ini juga berdiri atas partisipasi Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina.

Ketua Yayasan Assolahiyah, Heru Saleh menjelaskan, pelayanan pendidikan yang dikelola yayasannya akan terus ditingkatkan, dia berharap Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Assolahiyah di bawah Yayasan Assolahiyah bisa menjadi percontohan bagi PKBM lain. PKBM Assolahiyah yang telah didirikan sejak tahun 2008 kini sudah banyak mendirikan PAUD binaan, diantaranya PAUD Al Firdaus.

Kata Heru, yayasannya tidak hanya fokus pada pelayanan pendidikan anak-anak, tetapi melakukan 'parenting' kepada orang tua yang menunggu anaknya belajar di PAUD, menemukan solusi mengangkat perekonomian warga sekitar, mulai dari sosialisasi identifikasi, pembentukan kelompok yang bekerja dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada dan diolah menjadi satu produk kerajinan dan makanan. Pihaknya memfasilitasi ijin kesehatan, lebel halal dan permodalannya.

Dia memaparkan, PKBM harus membina minimal tiga desa dan ada desa binaan. Di PKBM Assolahiyah sudah ada layanan PAUD, keaksaraan dan kesetaraan. Sejak berdiri, PKBM ini dibantu CSR Pertamina sebagai 'kapasity building', sehingga program PKBM bisa diterapkan di desa lain untuk menjangkau masyarakat lebih luas, tidak terbatas pendidikan, juga bisa mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Karena berangkatnya dari pendidikan, maka yang didahulukan pendidikannya, kemudian pemberdayaan ekonomi dengan mengangkat ekonomi yang ada," kata Heru, disela peresmian gedung Al Firdaus dan wisuda akhir tahun PAUD Al Firdaus dan PAUD Al Bayan di Desa Muktijaya.

Di tempat sama, Staff CSR EP Subang Field, Linggar D. Anggraini menjelaskan, pihaknya selalu memfasilitasi sarana pendidikan PKBM Assolahiyah Cilamaya. Bagi dia, CSR yang diberikan ini akan terus berkelanjutan selama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Pertamina berdiri.

"Kita akan terus memfasilitasi sarana pendidikan masyarakat, terutama ke PKBM Assolahiyah yang telah membina beberapa PAUD," ucapnya.

Peresmian PAUD Al Firdaus sekaligus wisuda PAUD Al Firdaus dan PAUD Al Bayan ini dihadiri Kabid PNFI Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang, Amid Mulyana SE, juga aparat desa setempat. Acara wisuda ini menampilkan pentas seni anak-anak dari kedua PAUD tersebut. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -