Tugas Penyuluh Agama Memperbaiki Akhlak dan Moral Umat

KARAWANG,  KarawangNews.com - Penyuluh agama adalah salah satu aktor terdepan pelaksanaan layanan di Kementerian Agama (Kemenag), keberadaan penyuluh ini sangat dibutuhkan masyarakat, terkait bimbingan mental keagamaan. Ini diungkapkan Ketua Kelompok Kerja Penyuluh Agama (Pokjaluh) Kantor Kemenag Karawang, Ujang Tohidin M.Pd.I.

"Penyuluh memiliki peran penting yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas pemahaman dan pendidikan keagamaan umat Islam," kata dia, Selasa (17/5/2016) siang, di kantornya.

Salah satunya, sambung Ujang, adalah kesadaran umat di bidang agama. Dalam menjalankan syariat Islam, penyuluh ini memberi kontribusi positif terhadap peningkatan akhlak dan moral umat, pembangunan bangsa pada umumnya.

"Semakin sadar melaksanakan ajaran agama, maka semakin baik akhlaknya. Semakin sadar mengamalkan syariat agama, maka akan semakin baik pula nilai-nilai hidup umat itu sendiri," paparnya.

Kata dia, penyuluh tidak saja berperan sebagai pembimbing dan pembina umat, tetapi berperan di masyarakat dalam rangka mengantisipasi dan memperbaiki moral yang jelek akhlak, sehingga tidak terjadi prilaku asusila di masyarakat, sex bebas atau pelecehan seksual termasuk perjudian, karena itu bagian dari fungsi khusus penyuluhan.

Sementara, penyuluh memiliki peran pembinaan melalui Majelis Ta'lim, juga melalui remaja masjid, karang taruna dan memberikan penyuluhan di media massa, pembinaan mental keagamaan di lembaga permasyarakatan, ikut berpartisipasi dalam rangka memberikan pembinaan bagi masyarakat yang terkena HIV AIDS dan narkoba. Tugas penyuluh ini dalam sudut pembinaan mental, bukan dalam kaitan hukum.

Selain itu, penyuluh kementerian agama pun memberi bimbingan kepada masyarakat terkait makna jihad yang digembar-gemborkan para teroris. Dalam Islam, tidak ada yang keliru soal makna jihad, hanya sekelompok orang saja yang salah mengartikannya.

"Hanya salah menafsirkan kalimat jihad, kita bina masyarakat soal makna jihad juga. Kita pun telah menerbitkan buku tentang pencegahan terorisme," jelasnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -