Tamatan SMK yang Produktif Harus Jujur

Guru, kepala sekolah dan pengurus yayasan foto bersama bupati, usai wisuda.
KARAWANG, KarawangNews.com - Sebanyak 285 siswa SMK Ristek angkatan ke 15 dan 112 siswa SMK Perbankan Indonesia angkatan ke 8 diwisuda, Sabtu (21/5/2016) siang di aula Husni Hamid, Pemda Karawang. Wisuda ini dihadiri Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana.

Sejumlah siswa tersebut dinyatakan lulus semua, setelah menempuh Ujian Nasional (UN) beberapa waktu lalu. Dari jumlah siswa tersebut, rata-rata 60 persen mempersiapkan diri bekerja di perusahaan, 30 persen melanjutkan ke perguruan tinggi dan 10 persen akan berwirausaha.

Pada kesempatan bicara, Ketua Yayasan Gema Cendikiawan Indonesia, H  Hartono menyampaikan, yang paling penting dimiliki para lulusan ini adalah karakter jujur, disiplin, beretika, kerja keras dan miliki jiwa kepemimpinan.

"Sehingga, para lulusan ini tidak cukup modal lulus dan ijazah, dia harus berkualifikasi untuk menjadi tamatan produktif," ucapannya, di hadapan guru, ratusan siswa dan orang tua siswa yang hadir di acara wisuda tersebut.

Hal yang paling ditekankan adalah, sambung Hartono, lulusan SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia harus mampu membangun daerahnya sendiri, jangan salahkan pendatang jika warga Karawang sendiri tidak bisa mengisi pembangunan di daerahnya sendiri.

Tak hanya itu, hal penting lainnya, dia berharap lulusannya ini bisa melanjutkan ke  perguruan tinggi, sehingga selesai hanya lulus SMK lalu bekerja. Sebab, pendidikan mampu memutus mata rantai kemiskinan dalam keluarga.

"Kalau merasa kurang mampu (biaya kuliah, red) bisa kuliah sambil bekerja, jangan malu jadi tenaga kasar, tetapi jangan berlama-lama, secepatnya harus bisa naik ke tingkat selanjutnya," ujar Hartono.

Dia juga menekankan, agar siswanya mampu menjadi enterpreneur dari hal yang kecil, semisal jualan dan menjadi pedagang. Bagi lulusan SMK, sudah tidak lagi harus menadahkan tangan ke orang tua, kecuali menadahkan kedua tangan untuk mendoakan orang tua.

"Jadi jangan meminta lagi, tetapi harus bisa mandiri. Hasil riset, ternyata orang sukses tidak hanya memiliki kemampuan otak yang encer, tetapi kejujuran," jelasnya.

Menutup pidatonya, Hartono menyampaikan, setelah lulus ini alumni SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia harus total action, mengerahkan tenaga, pikiran dan doa untuk mengejar cita-cita, tidak boleh menyerah.

Di tempat sama, Cellica Nurrachadiana mengatakan, pentingnya para lulusan yang berani mengambil peran penting dalam pembangunan saat ini, kompetitif dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 

Bupati juga yakin dan percaya pada lembaga pendidikan SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia telah maksimal membekali peserta didiknya, dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan oleh dunia usaha maupun industri.

Bupati juga menawarkan program pengembangan untuk sekolah dalam melakukan peningkatan kualitas lulusan yang produktif dan mandiri. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -